Minggu, 23 Januari 22

Mengagumkan! Anak Pemulung Kuliah di FK UGM

Mengagumkan! Anak Pemulung Kuliah di FK UGM
* Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.D. menyerahkan bantuan sepeda onthel kepada lima orang tua mahasiswa baru di Grha Sabha Pramana UGM, Senin (1/8/2016).

Yogyakarta, Obsessionnews.com – Sebanyak 8.745 mahasiswa baru diterima di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, tahun akademik 2016/2017. Salah seorang di antaranya adalah anak pemulung, Muhammad Wishka Al Hafiidh Suskalanggeng. Wow, sungguh mengagumkan!

Wishka diterima kuliah di Prodi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran (FK), bahkan gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun. Dia penerima beasiswa Bidik Misi (Biaya Pendidikan Mahasiswa Miskin Berprestasi).

Ayahnya, Permana Suskalanggeng, bersyukur karena Wishka bersyukur karena berhasil diterima di perguruan tinggi negeri terkemuka tersebut. Permana sungguh tidak menyangka anak seorang pemulung bisa masuk kuliah di UGM.

Permana berkisah sehari-hari dia bisa memulung sampah atau rongsokan dari satu desa ke desa lain di wilayah Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Hasilnya tidak lebih dari Rp900 ribu yang hanya pas-pasan untuk membiayai hidup keluarganya.

“Semoga kelak anak saya bisa membantu sesama dan ikut membangun bangsa dan negara melalui bidang kesehatan,” harap ayah tiga anak itu di hadapan Rektor UGM Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.D. saat Temu Orang Tua Mahasiswa Baru UGM di Grha Sabha Pramana UGM, Senin (1/8/2016) seperti dikutip dari siaran pers Humas UGM.

Dalam kesempatan itu Dwikorita menyerahkan bantuan sepeda onthel kepada lima orang tua mahasiswa yang berekonomi lemah, yakni Permana Suskalanggeng, Mawardi, Jumadi, Mustofa, Ani Sugiarti. Sepeda itu diharapkan memperlancar kegiatan belajar anak-anak mereka.

Dwikorita mengatakan, kendala ekonomi bukan menjadi penghalang untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

“Semua bisa kuliah di UGM asal berprestasi,” kata Rektor UGM ini.

UGM, lanjutnya,  terbuka bagi semua kalangan, termasuk dari keluarga miskin. Bahkan, sekitar 70 persen mahasiswa UGM berasal dari kalangan menengah kebawah.

“Sekitar 30 persen mahasiswa UGM berasal dari keluarga kurang mampu. Sementara 40 persen sisanya adalah dari keluarga dengan perekonomian menengah,” tuturnya. (@arif_rhakim)

Baca Juga:

30 Persen Mahasiswa UGM Berasal dari Keluarga Miskin

Rektor UGM Beri Sepeda Onthel Untuk Mahasiswa

Penerjun Payung Sapa Mahasiswa Baru UGM

Luar Biasa! Baru Berusia 15 Tahun, Nida Aqidatus Kuliah di UGM

Anak dari Keluarga Berekonomi Lemah Ini Diterima di FEB UGM

Mengagumkan! Tias, Anak Penjual Es Diterima Kuliah di UGM

Hebat! Novi, Anak Buruh yang Diterima Kuliah di FH UGM

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.