Sabtu, 4 Februari 23

Mendikbud Dukung Film RA Kartini

Mendikbud Dukung Film RA Kartini

Jakarta, Obsessionnews – Film Kartini yang akan digarap nanti oleh Sutradara Hanung Bramantyo mendapat dukungan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Basweda. Baginya setuhan tangan dari sutradara Hanung sudah tak diragukan lagi dalam penggarapan film ketokohan.

“Saya mendukung sekali pembuatan Film Kartini ini, apalagi digarap oleh mas Hanung,” kata Anies Baswedan dalam diskusi Kartini dan Bangsa yang Mandiri di ruang Graha Utama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Jakarta, Senin (1/6).

Menurutnya, film merupakan media yang tepat untuk mengkonstruksi pemahaman sebuah fenomena. “Film dapat membantu konstruksikan pemahaman kita atas sebuah fenomena. Tentu tidak bisa digambarkan kehidupan Kartini selama 25 tahun hanya dalam 2 jam. Dalam film ini akan dipilih momen-momen penting yang akan merekonstruksi sosok Kartini bagi penonton,” tutur Anies Baswedan

Mendikbud mengingat semasa dirinya di bangku sekolah pernah menonton film perjuangan bersama teman sekelas karya Teguh Karya. Setelah menonton film tersebut ia mengaku mendapat semangat.

anis-baswedan

Anies juga berharap film Kartini nanti penggarapannya tidak mengejar deadline, agar mendapat hasil yang maksimal. “Proses pembuatan film yang panjang ini semoga cukup waktunya untuk membuat film yang matang, bukan sebuah karya yang mengejar deadline,” tambah Anies.

Film Kartini rencananya akan mulai menghiasi layar lebar Indonesia pada April 2016. Film ini akan menceritakan perjuangan RA Kartini dalam memperjuangkan hak-haknya sebagai perempuan yang dibatasi oleh budaya dan agama dalam melawan takdirnya sebagai keturunan bangsawan. Dimana ibunya bukan seorang Bangsawan, tetapi ayahnya seorang bangsawan, Kartini merasa sedih karena kebangsawananya ia hidup terpisah dengan ibunya.

Acara diskusi Kartini ini juga dihadiri oleh Perwakilan Pihak Keluarga RA Kartini Hadi Prayitno Sutradara Kartini Hanung Bramantyo dan Produser Kartini, Robert Ronny. (Popi Rahim)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.