Jumat, 9 Desember 22

Mendikbud: Anak Didik Harus Miliki Karakter

Mendikbud: Anak Didik Harus Miliki Karakter

Jakarta, Obsessionnews – Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei 2016 sebagai hari kesadaran pentingnya kualitas manusia, karena manusia terdidik kunci kemajuan bangsa. Menghadapi perekembangan jaman, dan persaingan secara terbuka menjadi tantangan tersendiri dalam peningkatan pendidikan di Indonesia.

Melalui momentum Hardiknas tahun ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan  mengatakan akan terus berkomitmen mendukung sepenuhnya anak-anak didik bangsa untuk berkopetensi. “Kita harus memberikan dukungan pada mereka untuk menyiapkan diri meraih kesempatan yang terpampang di depannya,” katanya di kantor Kemendikbud, Senin (2/5/2016).

Abad ke-21 ini generasi Indonesia harus memiliki kualitas, karakter, kemampuan literasi dan kompetensi agar mampu menjawab tantangan dijamannya. Menurut Anies karakter moral harus berlandaskan pada nilai pancasila, keimanan, ketakwaan, integritas, kejujuran, keadilan, empati, rasa welas asih, dan sompan santun.

Anies juga menekankan para siswa juga harus memiliki karakter kinerja yakni kerja keras, ulet, tangguh, rasa ingin tahu, inisiatif, gigih, kemampuan beradaptasi dan kepemimpinan. “Kita ingin anak-anak Indonesia menumbuhkan karakter kedua tersebut secara seimbang,” harapnya.

Selanjutnya mantan rektor Paramadina ini juga tidak menginginkan anak-anak Indonesia memiliki karakter jujur tapi malas atau rajin tapi culas. “Perlu ada keseimbangan karakter baik, sebagai pemandu lingkungan yang sering kali berubah cepat,” tegasnya.

Ia menilai juga bidang literasi  tidak sebatas lagi baca tulis dan berhitung, tapi perlu dikuatkan dan diperhatikan mengenai literasi sains, literasi teknologi, literasi finansial, dan literasi budaya. “Abad 21 ini anak didik dituntut untuk menghadapi masalah-masalah kompleks dan tidak terstruktur. Sehingga mereka harus memiliki kopetensi kemampuan kreatifitas, berpikir kritis dan memecahkan masalah, kemampuan komunikasi dan kolaborasi,” pungkasnya.

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.