Jumat, 24 September 21

Mendagri Ultimatum Daerah yang Belum Alokasikan Anggaran Pilkada

Mendagri Ultimatum Daerah yang Belum Alokasikan Anggaran Pilkada

Jakarta, Obsessionnews – Menteri Dalam Negeri (Mendagri)  Tjahjo Kumolo mengaku telah mengeluarkan payung hukum berupa surat edaran atau radiogram yang isinya meminta supaya kepala daerah dan DPRD mengalokasikan anggaran pilkada serentak tepat pada waktunya.

Apabila Kepala Daerah tidak mengalokasikan anggaran yang cukup maka Tjahjo siap memberi sanksi. Meski tidak menyebut sanksi apa dimaksud namun Politisi PDP Perjuangan ini menegaskan bahwa keterlambatan anggaran bisa mengganggu tahapan pilkada yang sudah dipersiapkan.

“Amanat UU wajib hukumnya kepala derah plus DPRD wajib memenuhi anggaran pilkada serentak,” terang Tjahjo di Jakarta, Minggu (31/5/2015).

Tjahjo mengaku besaran item anggaran masih ada yang berbeda antara yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan pemerintah daerah. Inilah menurut dia masih dalam pembahasan bersama dengan harapan agar pilkada serentak 2015 ini bisa berjalan lancar.

“Tapi itu tehknis sifatnya bisa dirembug baik-baik yang penting pelaksanaan pilkada tidak terhambat sebagaimana keinginan pemerintah dan KPU,” ujar dia.

Kementerian Dalam Negeri menemukan sekitar 2 hingga 3 daerah yang masih belum tuntas masalah anggaran. Namun demikian secara keseluruhan kuota anggaran untuk setiap daerah sudah dianggap cukup.

“Tim Kemendagri juga sudah koordinasi atau rapat bersama dengan Tim KPU dan Bawaslu,” katanya. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.