Sabtu, 21 Mei 22

Mendagri: Rp 80 Triliun Dana Desa Dikucurkan, Tapi Pembangunan Desa Belum Tampak

Mendagri: Rp 80 Triliun Dana Desa Dikucurkan, Tapi Pembangunan Desa Belum Tampak
* Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Jakarta, Obsessionnews.com – Pemerintah sudah memprioritaskan program pembangunan daerah dengan mengalokasikan dana desa Rp 1 miliar untuk satu desa. Namun, dari Rp 80 triliun dana desa yang sudah dikucurkan, pemerintah melihat belum tampak pembangunan yang maksimal.

Hal itu disampaikan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo saat memberikan pengarahan kepada Rakor Ditjen Bina Keuangan Daerah dan Sosialisasi tentang Pedoman Penyusunan APBD, di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (24/5/2018).

Tjahjo pun meminta anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota untuk mencermati penyerapan Dana Desa. “Anggaran desa per tahun sudah mencapai hampir sampai Rp 80 triliun, tapi pertumbuhan daerahnya dari dampak anggaran desa tidak muncul,” kata dia.

Tjahjo menuturkan, Kemendagri memiliki tugas untuk penyerapan anggaran namun penyerapan anggaran belum merata. Selain itu, ucap Tjahjo, penguatan aparatur pengelola desa masih minim. Ia meminta dana desa harus benar-benar dimanfaatkan untuk bisa menggerakkan ekonomi desa.

“Ini saya mohon menjadi perhatian dalam rangka perencanaan pembangunan yang ada. Kuncinya tadi fokus ,” kata dia.

Turut hadir dalam acara tersebut Perwakilan Ketua BPK RI, Staf khusus dan Pejabat Eselon I dan II di lingkungan Kemendagri, Ketua DPRD kota/kabupaten se-Indonesia serta Sekretaris Daerah se-Kabupaten/Kota. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.