Rabu, 8 Februari 23

Mendagri Batalkan 60 Perda di Sumbar

Mendagri Batalkan 60 Perda di Sumbar

Padang, Obsessionnews.com – Kementerian Dalam Negeri membatalkan 60 Peraturan Daerah (Perda) di Sumatera Barat (Sumbar). Dari jumlah itu, tak satupun Perda Syari’ah atau yang dinilai intoleran yang dibatalkan.

Kepala Biro Hukum Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Sumbar, Enifita Djinis mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar akan melakukan klarifikasi ke Kementrian Dalam Negeri (Kemdagri) untuk mengetahui apakah perda dimaksud dinilai bermasalah dan harus dibatalkan atau cukup direvisi.

“Keputusan Mendagri tentang pembatalan Perda tersebut belum kami terima. Muah-mudahan dalam pertemuan kepala biro hukum se Indonesia yang diadakan Drektur Jenderal Otonomi Daerah (Ditjen Otda) besok sudah ada kepmendagrinya sehingga bisa kita ketahui apakah perda tersebut dibatalkan secara keseluruhan atau sebagian (pasal tertentu),” ujaranya kepada obsessionnews.com, Rabu (22/6).

Dari rilis yang dikeluarkan Kemendagri, terdapat tujuh Perda diantaranya dikeluarkan Pemprov Sumbar dan satu sudah dibatalkan sebelumnya. Sementara satu Perda lagi sudah direvisi.

Apabila perda dibatalkan atau direvisi, selanjutnya akan dibatalkan melalui Rapat Pariupurna. Demikian juga dengan revisi Perda harus melalui mekanisme paripurna. (Musthafa Ritonga/@alisakinah73)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.