Minggu, 24 Oktober 21

Mendagri akan Uji 50 Daerah Sampel KTP Anak

Mendagri akan Uji 50 Daerah Sampel KTP Anak

Semarang, Obsessionnews – Wacana Kartu Tanda Penduduk (KTP) Anak nampaknya mulai direalisasi. Dalam waktu dekat, Kementerian Dalam Negeri akan menguji-coba KTP Anak di sejumlah daerah

“Untuk sampel kita coba tahun ini di 50 daerah,” papar Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, acara peringatan HUT Pemadam Kebakaran (Damkar) Ke-97, di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Semarang Selasa (1/3/2016).

Penggunaan KTP Anak sangatlah penting. Tjahjo mengungkapkan, selain sebagai identitas, KTP Anak juga dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan.

“Berguna untuk bilamana anak sakit, di sekolahnya ada menabung dan untuk ke depannya, setelah dewasa tinggal ditukarkan dengan E-KTP,” terangnya.

Menurut politisi PDI-P ini, sebelumnya 10 daerah telah menerapkan konsep KTP Anak. Namun, model penerapan antar daerah berbeda-beda. “Nantinya akan kita buat format yang sama,” beber dia.

Disinggung permasalahan E-KTP yang tak kunjung selesai, Tjahjo menegaskan akan segera menyelesaikan permasalahan tersebut sebelum Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) pada tahun 2019 mendatang.

“Kami minta, ditahun 2019 bareng dengan Pilpres, Pileg nanti sudah selesai. Kami targetkan 172 juta, dari 254 juta jumlah penduduk,” kata Tjahjo.

Saat ini, jumlah E-KTP yang sudah terdata ada 156 juta. Dari jumlah terkait, baru 152 juta yang sudah memiliki E-KTP. Sedangkan jumlah penduduk Indonesia mencapai 254 orang. “Nah ini yang harus jemput bola,”  tandasnya. (Yusuf IH)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.