Jumat, 29 Maret 24

Breaking News
  • No items

Mendagri Akan Lantik Plt Gubernur di Provinsi yang Gelar Pilkada

Mendagri Akan Lantik Plt Gubernur di Provinsi yang Gelar Pilkada
* Mendagri Tjahjo Kumolo.

Jakarta, Obsessionnews.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo akan melantik pelaksana tugas jabatan (Plt) gubernur dan pejabat gubernur yang provinsinya menyelenggarakan pemilihan kepala daerah serentak pada tahun 2017.

Pelantikan akan dilaksanakan pada 26 Oktober mendatang atau sejak hari pertama masa kampanye Pilkada yang digelar serentak di 101 daerah. Pelantikan ini sesuai ketentuan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

“Pelaksana tugas gubernur disiapkan untuk DKI Jakarta, Banten, Bangka Belitung, Gorontalo, dan Aceh. Sementara pejabat gubernur disiapkan untuk Provinsi Papua Barat dan Sulawesi Barat yang masa tugas gubernurnya berakhir sebelum pelaksaan pilkada,” kata Tjahjo di Jakarta, seperti dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Selasa (11/10/2016).

Menurut Tjahjo, pihaknya telah mengirim surat permintaan kepada gubernur petahana terkait nama yang diusulkan untuk menjadi pelaksana tugas gubernur di daerah masing-masing.

Namun Tjahjo menegaskan, bahwa pelaksana tugas gubernur akan berasal dari pejabat eselon satu yang bertugas di Kemendagri.

“Kemendagri sudah kirim radiogram ke daerah untuk gubernur segera kirimkan usulan pelaksana tugas kepala daerah petahananya agar kami segera proses paling lambat 14 Oktober,” jelasnya.

Setelah usul dari gubernur tujuh daerah diterima, imbuhnya, Kemendagri akan menentukan pelaksana tugas di wilayah tersebut. (Fath)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.