Minggu, 9 Agustus 20

Mendag Luncurkan Portal Nasional Perlindungan Konsumen

Mendag Luncurkan Portal Nasional Perlindungan Konsumen
* Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita saat meresmikan portal NPK. (Foto: Kemendag)

Jakarta, Obsessionnews.com –  Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita resmi meluncurkan portal Nasional Perlindungan Konsumen (NPK) di Kota Pangkal Pinang, Bangka Belitung (Babel), Selasa (24/4/2018).

Dalam keterangan pers yang diterima Obsessionnews.com dijelaskan, portal nasional ini dapat diakses di www.konsumen-indonesia.go.id ini sebagai puncak peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas).

Mendag yang didampingi Gubernur Babel Erzaldi Rosman Djohan mengatakan, portal tersebut untuk meningkatkan keberdayaan konsumen. Ini juga merupakan wujud perlindungan konsumen yang sinergis dan terintegrasi bagi kementerian/lembaga dan pemangku kepentingan, terkait sesuai arah kebijakan dan strategi pembangunan pemerintah.

Menurutnya, portal nasional ini berlandaskan Peraturan Presiden Nomor 50 Tahun 2017 tentang Strategi Nasional Perlindungan Konsumen (Stranas-PK). Cakupan Stranas-PK yang meliputi tiga pilar, yaitu peningkatan peran pemerintah, peningkatan keberdayaan konsumen, dan peningkatan kepatuhan pelaku usaha dengan melibatkan kementerian/lembaga di sektor terkait.

“Dengan portal nasional ini diharapkan dapat tersedia media yang terintegrasi bagi konsumen dalam memperoleh informasi dan menyampaikan pengaduan terkait perlindungan konsumen yang tersebar di berbagai sektor,” katanya.

Portal ini dibangun atas sinergi Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kemendag bersama sembilan Kementerian/Lembaga lainnya yaitu BPOM, Kementerian PU-PERA, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian ESDM, Bank Indonesia, dan Otoritas Jasa Keuangan.

Sistem ini dapat diakses melalui satu pintu, sehingga dapat lebih memudahkan konsumen dalam mengadukan permasalahan, keluhan, maupun melakukan konsultasi.

Sebelum meluncurkan NPK, Mendag juga memberikan penghargaan kepada Provinsi Peduli Perlindungan Konsumen. Ada enam provinsi yang mendapatkan penghargaan di tahun ini, yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Barat, Aceh, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tengah.

Mendag juga memberikan penghargaan kepada empat tokoh masyarakat peduli perlindungan konsumen. Selanjutnya, Mendag juga menyerahkan hadiah kepada dua orang pemenang kompetisi video clip dan blog. (Popi)

 

Baca juga:

Kemendag dan Pemprov Babel Meriahkan Harkonas ke-6

Mensos: Baru 4,9 % Konsumen Tahu Makanan Aman dan Sehat

Sikap Kritis Konsumen Indonesia Masih Minim

Ini Enam Maklumat YLKI pada Hari Konsumen Nasional

Lindungi Konsumen, Pemerintah Rancang Aturan Bisnis Online

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.