Rabu, 29 September 21

Menang Tagih Janji Raja Arab, Santunan Korban Jemaah Haji

Menang Tagih Janji Raja Arab, Santunan Korban Jemaah Haji

Jakarta, Obsessionnews – ‎Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengaku pihaknya bukan tidak tanggung jawab memberikan hak-hak kepada para korban jemaah haji yang terkena musibah di Mina. Menurutnya, saat ini pihaknya juga masih menunggu janji yang akan diberikan oleh Raja Arab Saudi.

Lukman menuturkan, Kemenag sudah melakukan pendataan tentang keluarga korban yang terkena musibah di Mina dan juga jatuhnya crane di Masjidil Haram. Data tersebut selanjutkan diserahkan ke pemerintah Arab. Sesuai janji Raja Arab akan memberikan santunan kepada keluarga korban.

“Kan kalau nama-namanya kan sudah kita serahkan. Kita sudah menyerahkan nama-nama korban. Sekarang kita tinggal menunggu pemerintah Saudi Arabia, mereliasasikan apa yang mereka janjikan,” ujar Lukman di Jakarta, Kamis, (5/11/2015).

Berdasarkan informasi yang diterima Kemenag, pemerintah Arab Saudi dikabarkan ‎sudah membentuk komite untuk menindaklanjuti santunan bagi keluarga korban. Ia mengatakan, pemerintah Indonesia hanya bisa menunggu hasil positif dari pemerintah Arab Saudi.

“Saya dengar mereka sudah membentuk komite, untuk menindak lanjuti merealisasikan santunan-santunan itu. Indonesia tentu menunggu setelah kita menyampaikan nama-nama korban,” tutur Lukman.

Seperti diketahui, jumlah korban jemaah haji Indonesia dalam tragedi crane mencapai 11 orang yang tewas. Sementara, puluhan jemaah haji lainnya mengalami luka-luka.
Adapun santunan yang dijanjikan pemerintah Arab Saudi sebesar 1 juta riyal atau Rp 3,8 miliar untuk korban yang tewas.

Ketua Komisi VIII DPR RI,  Saleh Partaonan Daulay mendesak Kemenag untuk meminta penjelasan dari Raja Arab Saudi yang berjanji akan memberikan santunan kepada keluarga korban jemaah haji. Ia meminta santunan segera diberikan, mengingat pelaksanaan haji sudah berlangsung cukup lama. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.