Rabu, 20 Oktober 21

Menakjubkan! Khasiat Bawang Putih Bakar/Panggang untuk Kesehatan

Menakjubkan! Khasiat Bawang Putih Bakar/Panggang untuk Kesehatan
* Bawang putih bakar/panggang. (ist)

Bawang putih dikenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh, termasuk bila ia diolah dengan cara dibakar. Nah, apa saja manfaat bawang putih bakar alias bawang putih panggang ini bagi kesehatan?

Manfaat bawang putih bakar/panggang untuk kesehatan sangat beragam, termasuk dapat mencegah penyakit kanker dan lainnya. Rasa bawang putih panggang yang lebih lezat ini mengandung banyak nutrisi penting, seperti antioksidan, vitamin, hingga mineral. Cara membuat bawang putih yang dipanggang di oven lebih mudah dan kandungan nutrisinya tetap terjaga.

Ketika bawang putih dibakar atau dipanggang, aroma khasnya akan menyeruak, daging bawangnya akan lebih lunak, dan rasanya lebih lembut. Dengan kata lain, Anda akan merasakan sensasi makan bawang putih yang berbeda dibanding bawang putih goreng yang agak pahit atau bawang putih mentah yang rasanya sangat tajam di lidah. Selain lebih enak, bawang putih bakar ini juga mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Kandungan bawang putih
Penelitian mengungkap bahwa bawang putih mengandung beragam nutrisi, seperti mangan, vitamin B6, vitamin C, selenium, dan serat yang baik bagi tubuh. Selain itu, bawang putih juga memiliki kalsium, copper, kalium, fosfor, zat besi, dan vitamin B1 dalam jumlah yang lebih sedikit.

Dalam 6-8 gram bawang putih, kira-kira mengandung nutrisi:
Kalori: 4 kal
Karbohidrat: 1 gram
Pritein: 0.2 gram
Serat: 0.1 gram
Mangan: 0.1 miligram
Vitamin C: 0.9 miligram
Kalsium: 5.4 miligram
Selenium: 0.4 mikrogram

Bawang putih juga kaya akan kandungan antioksidan, seperti flavonoid, oligosakarida, dan asam amino yang baik untuk mencegah berbagai penyakit. Bawang putih panggang tidak akan merusak kandungan antioksidan dan vitamin C yang terdapat di dalamnya seperti jika dimasak dengan cara digoreng. Anda pun dapat menikmati kelezatan bawang putih sekaligus merasakan manfaatnya bagi kesehatan.

Manfaat bawang putih bakar untuk kesehatan
Secara umum, khasiat bawang putih bakar atau panggang belum diuji secara mendalam. Namun secara teori, manfaat makan bawang putih bakar di antaranya adalah:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Sebuah studi di laboratorium menunjukkan bahwa bawang putih memiliki khasiat untuk meningkatkan sistem imun sehingga Anda tidak rentan terkena penyakit tertentu. Penelitian tersebut bahkan menemukan bahwa bawang putih memiliki senyawa untuk membunuh sel kanker tertentu, namun klaim ini masih perlu dikaji lebih lanjut lagi.

2. Mencegah penyakit kardiovaskuler
Manfaat bawang putih bakar bagi kesehatan jantung adalah menstabilkan tekanan darah sehingga detak jantung normal terjaga. Para peneliti percaya bahwa kandungan sulfur pada bawang putih bisa diubah oleh tubuh menjadi hidrogen sulfida yang dapat memperbesar pembuluh darah sehingga sel darah merah dapat mengalir dengan lebih lancar dan mencegah tekanan darah tinggi.

Menariknya lagi, Anda cukup mengonsumsi 1 siung bawang putih per hari (sekitar 4 gram). Untuk mendapatkan khasiat ini dan mencegah penyakit jantung.

Bawang putih mampu mengatasi tekanan darah tinggi karena bawang putih bisa menguatkan profil lipid pada tubuh. Profil lipid yang semakin kuat akan membuat darah menstabilkan tekanan darah.

3. Meredakan peradangan
Salah satu manfaat bawang putih bakar campur madu lainnya adalah untuk mengobati dan meredakan peradangan di dalam tubuh. Jadi jika Anda mengeluhkan pegal-pegal setelah beraktivitas seharian, cobalah makan bawang putih sebelum tidur agar stamina kembali prima saat bangun.

4. Mencegah diare
Manfaat bawang putih dibakar juga baik untuk kesehatan pencernaan. Bawang putih terbukti dapat membasmi bakteri Escherechia coli di saluran pencernaan. Bakteri ini merupakan organisme yang paling sering menyebabkan anak-anak maupun orang dewasa mengalami diare.

5. Mencegah kanker
Manfaat bawang putih panggang juga efektif untuk mencegah dan melawan kanker. Kandungan antioksidan dan sulfur di dalamnya akan melawan zat karsinogenik penyebab kanker berbahaya. Penelitian menunjukkan, nutrisi dalam bawang putih juga dapat melawan sel kanker sebelum berkembang menjadi lebih membahayakan.

Cara membuat bawang putih bakar atau panggang
Membuat bawang putih bakar atau panggang tidak semudah yang Anda bayangkan, apalagi jika Anda ingin mendapatkan manfaat bawang putih bakar seperti disebutkan di atas. Oleh karena itu, Anda dapat menjalankan langkah-langkah berikut dalam membuat bawang putih bakar atau panggang yang enak sekaligus berkhasiat:

– Geprek bawang putih, namun jangan sampai hancur. Biarkan terlebih dahulu selama 10 menit di atas talenan atau piring tanpa penutup
– Panaskan di dalam oven dengan suhu 200 derajat Celcius selama 30-40 menit.
– Menggeprek bawang putih dimaksudkan untuk melepaskan enzim pada bawang putih yang memproduksi allicin. Allicin adalah zat pada bawang putih yang memberi aroma pada siung tersebut ketika dimasak, namun zat ini butuh beberapa waktu setelah digeprek untuk bisa aktif sehingga penting bagi Anda untuk mendiamkannya terlebih dahulu selama beberapa waktu.
– Menggeprek sebelum membakar bawang putih juga dapat mempertahankan kandungan yang terdapat di dalam bawang putih.

Dengan demikian, Anda dapat menikmati kelezatan sekaligus manfaat bawang putih bakar atau panggang ketika sudah matang. (Sehatq/Red)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.