Selasa, 1 Desember 20

Menakjubkan! Ditemukan Ratusan Juta Pohon di Gurun Pasir Sahara

Menakjubkan! Ditemukan Ratusan Juta Pohon di Gurun Pasir Sahara
* Di kawasan Sahara dan Sahel ternyata ada banyak pohon. (Foto: BBC)

Ternyata, ada ratusan juta pohon di gurun pasir Sahara. Temuan menakjubkan para ilmuwan yang menghitung pohon satu per satu.

Meski saat orang membicarakan Sahara, gurun pasir terbesar di dunia, yang terbayang adalah hamparan padang pasir tanpa batas.

Namun satu studi baru menunjukkan bahwa Sahara menyembunyikan sesuatu yang tak terduga: ratusan juta pohon.

Tidak ada hutan di gurun pasir, namun pohon-pohon ini tumbuh terpisah.

Kelompok peneliti internasional berhasil menghitung jumlah pohon satu persatu di kawasan berukuran 1,3 juta kilometer persegi di kawasan barat laut Afrika.

Kawasan yang membentang di berbagai negara termasuk Aljazair, Mauritania, Senegal dan Mali dan mencakup bagian kawasan Sahara Barat dan juga Sahel, kawasan semi tropis di bagian selatan padang pasir.

Studi yang diterbitkan di jurnal Nature, menyimpulkan “masih ada lagi jumlah besar pohon yang tak terduga” di kawasan ini.

Secara lebih khusus, pohon yang tercatat berjumlah 1,8 miliar, data yang jauh lebih tinggi dari yang semula diduga.

Ketua peneliti kelompok ini, Martin Brandt dari Universitas Kopenhagen, Denmark, mengatakan kepada BBC Mundo walaupun “sebagian besar pohon berada di Sahel, ada ratusan juta pohon di Sahara sendiri.”

“Perkiraannya sekitar satu sampai tiga per hektare rata-rata di kawasan sangat tandus Sahara. Terdengar tak banyak, namun jumlah lebih lebih banyak dari yang kami perkirakan,” katanya.

Brandt juga menambahkan bahwa kawasan yang diteliti hanya 20% wilayah Sahara dan Sahel, jadi “jumlah pohon secara keseluruhan jauh lebih tinggi”. (Red)

Sumber: BBC News

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.