Selasa, 7 Desember 21

Menag: Presiden Jokowi Sangat Peduli terhadap Pendidikan Islam

Menag: Presiden Jokowi Sangat Peduli terhadap Pendidikan Islam
* Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi di Pondok Pesantren Misbahul Ulum Paloh, Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, Jumat (11/12/2020). (Foto: Rikie/Kemenag)

Fachrul mengungkapkan, UU Nomor 18 tahun 2019 tentang pesantren mencakup tiga fungsi pesantren, yaitu fungsi pendidikan, fungsi dakwah, dan fungsi pemberdayaan masyarakat.

Untuk fungsi pemberdayaan masyarakat, kata Menag, sejumlah kementerian dan lembaga negara telah berkontribusi nyata memberdayakan perekonomian pesantren. Misalnya melalui Kementerian Ketenagakerjaan telah dibangun sebanyak 1.118 BLK (Balai Latihan Kerja).

Demikian juga Kemenko Bidang Perekononomian, terus mendorong penguatan ekonomi syariah di pesantren. Melalui APBN Kementerian Agama juga telah diprogramkan bantuan pendidikan life skill pesantren, pemberdayaan pesantren di daerah 3T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal), dan program-program lainnya.

“Kepada seluruh keluarga besar pesantren, untuk menjaga dan terus-menerus menerapkan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak). Semoga bangsa kita segera dikeluarkan dari pandemi Covid-19 ini,” ujar Fachrul.

“Santri Sehat Indonesia Kuat,” teriak Menag diikuti para santri Pesantren Misbahul Ulum Paloh yang hadir dengan mengenakan masker dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19. (arh)

Pages: 1 2 3

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.