Sabtu, 28 Mei 22

Menag Pastikan Akhir November Manten Sudah Bisa Punya Kartu Nikah

Menag Pastikan Akhir November Manten Sudah Bisa Punya Kartu Nikah
* Ilustrasi buku nikah bagi pasangan pengantin. (Foto: suarajakarta.co).

Jakarta, Obsessionnews.com – Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin memastikan pihaknya akan segera menerbitkan kartu nikah pada pertengahan atau akhir November. Pasangan manten yang melangsungkan pernikahan pada saat itu sudah bisa memiliki kartu tersebut.

“Ini akan mulai diterbitkan pertengahan atau akhir November yang akan melangsungkan pernikahan,” ujar Lukman di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Senin (12/11/2018).

Dalam kesempatan itu Lukman memperkenalkan sampel kartu nikah kepada awak media. Sampel kartu nikah berbentuk persegi panjang dengan warna dasar hijau dengan campuran kuning. Bagian atas kartu bertuliskan kop Kementerian Agama.

“Ini akan mulai diterbitkan pertengahan atau akhir November yang akan melangsungkan pernikahan,” ujar Lukman sembari menunjukan kartu nikah yang masih kosong.

Di bawah kop Kementerian Agama terdapat dua kotak untuk foto pasangan yang dinyatakan telah sah menikah berdasarkan buku nikah. Di bawah dua kotak itu nantinya dipasang barcode.

Bila dipindai, barcode itu akan menunjukan data wajah, nama, dan tanggal menikah pasangan di layar mesin pemindai.

“Jadi seperti ini, ini masih kosong. Bentuknya seperti ini dua foto pasangan menikah suami istri. Di bawah ada barcode khsuus yang nanti discan AppStore,” papar Lukman.

“Ada aplikasi Sistem Informasi Manajemen Nikah (Simkah). Ada data dua wajah yang ditayangkan di sini, siapa nama, kapan nikah,” sambungnya. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.