Sabtu, 28 Mei 22

Menag: Demi Meredam Kemarahan Umat, Sukmawati Harus Minta Maaf

Menag: Demi Meredam Kemarahan Umat, Sukmawati Harus Minta Maaf
* Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Jakarta, Obsessionnews.com – Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin menyarankan Sukmawati Soekarnoputri supaya menyampaikan permohonan maaf kepada umat islam atas puisi “Ibu Indonesia” yang dibacakan sebelumnya.

“Jadi hal-hal seperti ini menurut saya mari kita dialogkan, dan bagi saya akan lebih baik kalau Ibu Sukmawati dengan jiwa besar bisa menyampaikan permohonan maaf kepada mereka-mereka yang merasa tidak nyaman dengan puisinya,” kata Lukman di kantor Kemenag, Jakarta, Rabu (4/4/2018).

Meskipun Lukman yakin Sukmawati tidak bermaksud melecehkan Islam lewat puisi tersebut. Namun permintaan menurut Lukman merupakan langkah bijak demi meredam kemarahan umat.

“Karena saya yakin beliau sama sekali tidak ada itikad sedikitpun untuk mengusik kenyamanan perasaan umat Islam apalagi untuk melecehkan, apalagi untuk menghina dan seterusnya,” papar Lukman.

Selain itu, Lukman berharap masyarakat Indonesia dapat memaafkan puisi Sukmawati. Perbedaan pandangan antara masyarakat, kata Lukman, tidak mesti selalu dibawa ke proses hukum.

“Selain itu juga saya berharap mudah-mudahan kita bisa memaafkan bisa menerima apa yang dilakukan oleh Ibu Sukmawati sehingga tidak semua persoalan yang terkait dengan perbedaan pandangan di antara kita itu harus selalu dibawa ke proses hukum,” katanya.

“Kita ini kan bangsa yang penuh kekeluargaan yang bisa saling menghargai, menghormati pandangan yang lain, bahkan kita bangsa yang bisa saling memaafkan satu dengan yang lain,” sambung Lukman. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.