Senin, 4 Juli 22

Membersihkan Masjid dalam Rangka Menyambut Ramadan

Membersihkan Masjid dalam Rangka Menyambut Ramadan
* Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: FB Anies Baswedan)

Oleh: Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta

Alhamdulillah, kita bisa kembali kerja bakti membersihkan masjid/musala dalam rangka menyambut bulan Ramadan 1442 Hijriah.

Pagi ini mengunjungi Masjid Jami’ An-Ni’mah Pondok Labu dan Masjid Jami’ Nurul Falah Karang Tengah, Jakarta Selatan, dua dari 317 masjid di Jakarta yang kita bersihkan hari ini. Seluruh bagian masjid dibersihkan dengan disinfektan, penanda jarak dipasang dan handsanitizer/masker disiapkan.

Kerja bakti membersihkan masjid ini adalah kolaborasi lintas SKPD, tiga pilar kecamatan dan warga. Ini adalah ikhtiar kita bersama agar dapat menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadan dengan aman sekaligus melindungi sesama dan keluarga.

Setelah satu tahun lebih mengalami pandemi tentu ada kerinduan untuk bersama-sama bersujud menunaikan salat tarawih di masjid. Mari jangan sia-siakan bulan penuh berkah ini dengan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan.

Kita terus menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan kepada pengurus masjid dan musala guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19, yaitu pemakaian masker, menjaga jarak dan pemeriksaan suhu tubuh dan cuci tangan pakai sabun

Selalu ingat empat hal utama. Pertama, bila merasa kurang sehat sebaiknya tetap beribadah di rumah saja. Kedua, gunakan masker dalam kegiatan apa pun di mana pun. Ketiga, selalu menjaga jarak, ikuti penanda yang telah disiapkan di lantai. Keempat, perhatikan kapasitas jamaah, maksimal 50% dalam bangunan, bila sudah melebihi jangan memaksakan masuk.

Kalau empat prinsip ini kita jaga, insyaAllah kita akan menang lebih jauh lagi dalam mengendalikan COVID-19.

Sumber: FB Anies Baswedan

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.