Rabu, 24 April 24

Membangkitkan Kecintaan Masyarakat Membeli Produk Lokal UMKM

Membangkitkan Kecintaan Masyarakat Membeli Produk Lokal UMKM
* Dewi Tenty Septi Artiany. (Foto: Fikar Azmy/Women's Obsession)

Gelombang pengangguran ini tentunya sangat memprihatinkan, karena akan berdampak kepada semua lini masyarakat, berkurangnya daya beli, dan akan menurunkan jumlah produktivitas. Circle ini harus disiasati dengan cerdik agar tidak mengakibatkan multiplier effect yang lebih buruk lagi, yaitu mengakibatkan meningkatnya kejahatan.

Para pelaku UMKM menjadi kelompok masyarakat yang rentan kena imbas dari resesi ekonomi.

Dengan berkurangnya daya beli tentu akan mengakibatkan turunnya produksi, ditambah dengan bahan baku yang semakin sulit karena masih banyak produk yang bergantung pada bahan baku impor.

Di tengah kekhawatiran ini ada celah bagi para  pelaku UMKM supaya tetap berproduksi, yaitu dengan jeli memanfaatkan peluang. Ketiadaan stok bahan baku impor sebaiknya segera disiasati dengan cerdik, misalnya mengganti bahan baku impor sebisa mungkin menggunakan bahan baku lokal. Seperti kain yang biasa dipakai sebagai bahan baku fashion memang dulu lebih murah apabila membeli dari produk luar dibanding lokal. Sekarang bagaimana caranya sebisa mungkin pelaku UMKM membeli produk kain lokal sebagai suatu upaya menggerakkan roda produksi perajin kain.

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2 3

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.