Jumat, 29 Maret 24

Breaking News
  • No items

Membanggakan! Lulus MAN IC Serpong, Farrel Alfaza Harumkan Nama Indonesia di Ajang Internasional

Membanggakan! Lulus MAN IC Serpong, Farrel Alfaza Harumkan Nama Indonesia di Ajang Internasional
* Farrel Alfaza Marsetyo. (Foto: Humas Kemenag)

Obsessionnews.com
Farrel Alfaza Marsetyo belum lama merampungkan pendidikannya di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Serpong, Tangerang, Banten. Belum lama meninggalkan madrasahnya, siswa angkatan 24 ini mengharumkan nama Indonesia dengan menggondol medali perak dalam ajang  32nd International Biology Olympiad (IBO) 2021 Lisbon, Portugal.

Lomba cabang biologi internasional ini berlangsung pada 18 – 24 Juli 2021 dan diikuti kurang lebih 76 negara.

Keikutsertaan Alfaza pada ajang ini melalui seleksi yang panjang dan ketat. Ia akhirnya berhasil mewakili Indonesia bersama tiga siswa dari sekolah lainnya. Bersama Tim Olimpiade Biologi Indonesia Alfaza meraih silver medal. Namanya bersanding dengan negara lain yang juga meraih medali perak seperti Germany, Mongolia, Slovenia, Belarus, South Korea, India, Armenia, Hungary, Switzerland, dan Czech Republic.

“Yang pasti saya sangat senang bisa berhasil mewakili Indonesia di ajang internasional, sekaligus bisa mendakwahkan Islam melalui prestasi,” tutur Mahasiswa Fakultas Kedokteran UGM yang lolos jalur SNMPTN ini, mengungkapkan rasa harunya atas raihan prestasi IBO, Minggu (25/7/2021), seperti dikutip dari situs resmi Kementerian Agama.

Bagi Alfaza belajar adalah ibadah, prestasi adalah dakwah.

Meski IBO tahun ini diikuti secara daring/ online, hal tersebut tetap merupakan pengalaman berharga bagi Alfaza dan sama sekali tak menyurutkan semangatnya untuk memberikan yang terbaik bagi Indonesia.

“Luruskan niat, kuatkan tekad, dan berikhtiar dengan doa dan usaha. Lalu juga minta rido dari guru dan orang tua,” pesan Alfaza untuk siswa Indonesia khususnya madrasah agar mampu berprestasi internasional seperti dirinya.

Kepala MAN IC Serpong Abdul Basit mengaku terharu dan bangga atas capaian Alfaza. Apalagi prestasi ini diraih pada situasi pandemi Covid-19. Dia berharap prestasi ini bisa menjadi motivasi bagi adik-adik kelasnya di MAN IC Serpong maupun siswa madrasah lainnya.

International Biology Olimpiad 2021 merupakan even olimpiade berjenjang dari tingkat madrasah/sekolah, kabupaten/kota, provinsi, nasional sampai internasional. Di Indonesia, kegiatan ini diselenggarakan oleh kemendibud RI. (red/arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.