Sabtu, 20 April 24

Melumpuhkan Industri Politik dan Demokrasi

Melumpuhkan Industri Politik dan Demokrasi
* Hendrajit. (Foto; dok. pribadi)

Oleh: Hendrajit, Direktur Eksekutif Global Future Institute

Karena sekarang ini politik dan demokrasi sudah jadi industri yang tidak pro rakyat, dan mengabaikan aspirasi pasar yang nyata. Maka industri politik dan demokrasi ini harus dilumpuhkan. Dari mana harus mulainya? Ya dengan memahami dulu aspek hulu dari aktivitas industri. Apa itu? Produksi.

Berarti harus ada wawasan dan gagasan baru untuk merombak dan memperbarui pola produksi dari yang industri politik dan demokrasi saat ini. Di sinilah kreasi dan inovasi politik mutlak perlu. Bagaimana caranya memanfaatkan temuan-temuan baru dari hal- hal yang selama ini kita pandang bukan aset, harta atau senjata non-konvensional.

Selain produksi, aspek hulu yang tak kalah penting dari politik dan demokrasi adalah distribusi. Nah, jaringan distribusi baru harus diciptakan untuk menggusur jaringan-jaringan distribusi lama. Sehingga otomatis akan akan memunculkan orang-orang baru untuk menggerakkan pola produksi baru di industri yang bernama politik dan demokrasi.

Dengan menciptakan temuan-temuan baru yang inovatif dalam pola produksi baru dan membangun jaringan-jaringan distribusi baru, maka otomatis kita akan membangun pangsa pasar baru atas atas dasar kebutuhan-kebutuhan baru. Dalam sudut pandang kreativitas dan inovasi politik.

Dengan demikian pola produksi baru dalam industri politik dan demokrasi juga menuntut adanya pola pemasaran yang baru juga. Maka muncullah orang-orang baru, man power baru, yang dibekali visi misi baru dari pola produksi baru.

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.