Minggu, 22 September 19

Melihat Lebih Jelas Museum Sahabat Nabi di Mekkah

Melihat Lebih Jelas Museum Sahabat Nabi di Mekkah
* Museum Sahabat Nabi. (Foto: OkeZone)

Mekkah, Obsessionnews.com – Mekkah adalah kota suci yang menyimpan banyak peninggalan sejarah umat Islam. Di sanalah Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya mulai menyebarkan agama Islam ke seluruh penjuru dunia. Maka tak heran, terdapat tempat-tempat sejarah yang bisa dijadikan wahana untuk belajar memahami peradaban Islam.

Salah satu tempat yang patut dikunjungi adalah As Habee Exhibition atau lebih mudah disebut Museum Sahabat Nabi. Lokasinya tak jauh dari Masjidilharam, tepatnya di samping Hotel Hilton Suite yang berada di sisi timur Baitullah. Hanya butuh waktu sekitar 9 menit berjalan kaki dari Masjidilharam ke museum.

Museum As Habee Exhibition baru dibuka sekitar sebulan lalu. Di sana banyak menyajikan sekilas perjalanan Nabi Muhammad SAW dan para sabahabatnya, baik di Mekkah maupun di Madinah. Kisah perjalanan itu terbagi dalam 10 ruang/stan yang disajikan secara berurutan dari awal hingga akhir.

Cerita perjalanan para sahabat menemai perjuangan Nabi Muhammad SAW tersaji dalam bentuk video, cuplikan video, keterangan tulisan, gambar-gambar, dan foto. Saat pertama masuk, para pengunjung akan langsung disambut dengan beberapa kaligrafi hadis nabi berisi tentang para sahabat yang dipajang di ruangan pertama.

Berlanjut ke ruangan kedua, jamaah disajikan kisah tentang pengorbanan para sahabat awal yang mempercayai kenabian Muhammad SAW. Di ruangan ini diputar film pendek tentang kenabian baginda Muhammad dan orang-orang yang bersamanya. Film pendek ini sangat menyentuh hati umat Islam yang melihatnya.

Ruang ketiga mengisahkan perjalanan hijrah nabi dan para sahabat ke Madinah tersaji di ruang. Kemudian di ruangan empat menceritakan tentang Madinah dan sambutan hangat kaum Anshor kepada kaum Muhajirin. Berlanjut ke ruangan lima, ada pemutaran film tentang peperangan kaum muslim dan kafir dan para sahabat yang mati syahid dalam perjuangan.

Kehidupan damai di Madinah terdapat di ruangan enam. Di dinding ruangan tertempel gambar kebun-kebun kurma yang subur. Di ruangan ini tertulis keterangan tentang instruksi Nabi Muhammad SAW kepada warga untuk membersihkan rumah. Kemudian ruangan tujuh mengisahkan tentang wafatnya Nabi Muhammad SAW dan cerita para sahabat merespons perpisahan mereka dengan Rasulullah.

 

 

Halaman Selanjutnya

Pages: 1 2

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.