Minggu, 29 Mei 22

Melalui Lagu ‘Yaudahlah’ Mutiara Azka Serukan Dukungan untuk Perempuan

Melalui Lagu ‘Yaudahlah’ Mutiara Azka Serukan Dukungan untuk Perempuan
* Mutiara Azka merilis single ‘Yaudahlah’ yang bergenre pop rap. (Foto: Wintha Promotion)

Obsessionnews.com – Setelah sukses merilis lagu Butterfly, Mutiara Azka yang akrab disapa Azka kembali hadir dengan karya terbarunya di industri musik tanah air dengan merilis single Yaudahlah.

Hadir dengan lagu bergenre pop rap yang bernada gembira, penyanyi lulusan ajang bakat Indonesian Idol 2021 ini menyerukan ajakan ke semua orang untuk tidak lagi memberikan batasan masa lampau kepada perempuan masa kini. Dan lagu ini dirilisnya bertepatan dengan Hari Perempuan Internasional 2022 kemarin.

 

Baca juga:

LPDB-KUMKM Dukung Peran Perempuan Melalui Program Inkubator Wirausaha

Truecaller Dorong Perempuan Indonesia Lawan Pelecehan Seksual Lewat Kampanye #itsnotok

Dwina Septiani Wijaya Sabet Penghargaan The Most Inspiring Woman Leader di Hari Kartini

 

 

 

“Kalo liat dari judulnya, lagu ini terkesan pasrah yah. Tapi tema lagu ini justru kebalikan dari itu, Yaudahlah yang berarti kita pengen shutdown omongan orang yang enggak enak kepada perempuan dan pengen nunjukin, bahwa perempuan punya pilihan dan bisa jadi apa aja yang mereka mau kalau mereka  menemukan support system yang tepat. Enggak cuma dari keluarga atau orang terdekat tapi justru dari semua perempuan di mana pun dia berada. Karena kita yang paling tau nih rintangan-rintangan menjadi perempuan, jadi women supporting women aja,” ujar Azka tentang lagu barunya ini dikutip dari siaran pers yang diterima obsessionnews.com, Kamis (21/4/2022).

Lagu Yaudahlah yang ditulis langsung oleh Azka sendiri ini, memang terdengar berbeda dari single sebelumnya. Tetapi jika kita menengok ke belakang, Azka memang pernah aktif sebagai aktivis di sebuah organisasi lembaga swadaya masyarakat (LSM) perlindungan anak yang fokus pada hak asasi manusia (HAM), kesejahteraan anak dan kesetaraan gender. Tak heran jika Azka ingin melakukan suatu hal untuk mengurangi berbagai stigma dan tantangan yang dihadapi perempuan setiap harinya. Ia mengatakan, bahwa salah satu metode paling efektif untuk menyampaikan sebuah pesan adalah melalui karya.

“Inspirasi menulis lagu ini datangnya dari diri sendiri sih, kayak melontarkan pertanyaan ke diri sendiri tentang apa sih statemen yang paling ganggu yang diucapin oleh orang-orang di sekitar kita, yang ternyata dialami juga oleh kebanyakan perempuan lainnya. Misalnya di pengalamanku ditanya kapan nikah atau kenapa memilih jadi entertainer padahal aku kuliah di luar negeri. Banyak pilihan hidup aku yang dipertanyakan orang yang bahkan enggak ada andilnya di hidup aku, malah enggak kenal-kenal amat sama aku. Dari situ aku kepikiran untuk angkat tema ini ke dalam sebuah lagu,” jelas  Azka.

Di lagu ini ada dua rapper,  yaitu Willy Winarko dan Rasyid Sayyari, yang membantu Azka dalam menyempurnakan lirik lagu ini. Untuk aransemen musik Azka dibantu Karirino Pasay dan diproduseri oleh Ganendra Satria. Lagu ini sebenarnya tidak dipersiapkan khusus oleh Azka, dibuat untuk konten Hari Kartini tahun lalu dan diposting di sosial media, ternyata lagu ini banyak diapresiasi oleh banyak orang. Bahkan di-repost oleh beberapa akun media dan buzzer.

“Sebenarnya lagu ini dibuat waktu aku, Kak Willy dan Kak Rasyid mau buat Rap-Up untuk program hari Kartini di tahun 2021 lalu. Pas di-post di sosial media ternyata rame dan banyak yang nungguin full song-nya. Akhirnya dibuat dengan sederhana, pokoknya home recording dengan low budget. Ternyata setelah di-mixing dan mastering hasilnya bagus. Akhirnya dirilis sebagai single terbaru dan waktu perilisannya pas bersamaan dengan Hari Perempuan Internasional dan menjelang Hari Kartini. Jadi momennya tepat banget untuk merilis lagu ini”, kata Azka.

Azka berharap lagu ini bisa jadi lagu anthem dan penyemangat bagi semua perempuan, di mana ia ingin semua orang menghargai dan mendukung apa pun mimpi yang ingin diraih oleh perempuan. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.