Selasa, 6 Desember 22

Melalui KPI BRI TKI Malaysia Makin Nyaman Bekerja

Melalui KPI BRI TKI Malaysia Makin Nyaman Bekerja
* Foto : republika.co

Jakarta, Obsessionnews.com – Berbagai terobosan yang dilakukan oleh PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI) (Persero),Tbk dalam melayani Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Malaysia untuk pemberikan akses perbankan semakin bagus. Hal itu menindaklanjuti kunjungan BRI ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Malaysia dalam rangka kerjasama BRI dengan TKI di kantor KBRI Malaysia di Kuala Lumpur pada Jumat (4/8/2017).

Kunjungan tersebut, merupakan penjajakan kerja sama yang tengah dijajaki dalam rangka rencana pengembangan ekonomi TKI di Malaysia dan keluarganya yang berada di Indonesia, salah satunya melalui Kartu Pekerja Indonesia (KPI).

Kartu KPI itu yang nantinya digunakan oleh pekerja Indonesia yang menjadi TKI di Malaysia. KPI ini berfungsi sebagai kartu  identitas TKI dan berisi informasi terkait ketenagakerjaan. Selain itu KPI berguna untuk mempermudah urusan apabila berhubungan dengan KBRI di Malaysia.

Corporate Secretary Bank BRI Hari Siaga Amijarso mengungkapkan, melalui kunjungan ini BRI menjajaki pemberikan akses perbankan yang memadai bagi para pahlawan devisa Negara itu.

“Dengan adanya tambahan akses layanan perbankan yang nantinya kami sediakan, kami berharap para pekerja TKI di luar negeri semakin nyaman dalam bekerja salah satunya melalui KPI” ungkap Hari dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Kamis (24/8).

Rencananya, KPI yang merupakan kartu identitas pekerja TKI nantinya dapat berfungsi sebagai kartu untuk menikmati berbagai fasilitas perbankan. “Kami akan menambahkan fasilitas KPI supaya dapat digunakan sebagai kartu debit BRI dan bisa dimanfaatkan untuk transaksi pengiriman uang valas (remittance).

Selain itu, pemegang KPI nantinya mendapat manfaat perlindungan asuransi diri juga pengelolaan dana DPLK individu. Hal ini dilakukan dalam upaya memberikan rasa aman, perlindungan, dan pemberian nilai tambah untuk mewujudkan kesejahteraan Pekerja Migran Indonesia”, ujar Hari.

Untuk mempermudah layanan Bank BRI di luar negeri, Bank BRI telah menempatkan Remittance Representativedi berbagai negara, diantaranya Malaysia, Uni Arab Emirat (UAE), Saudi Arabia, Taiwan, dan Korea.

Remittance Representative ini bertugas untuk membantu menangani keluhan nasabah, berperan sebagai koresponden Kantor Pusat BRI, melakukan pelayanan langsung kepada nasabah BRI, dan  menjalin kerja sama dengan business patner. 

Khusus di wilayah Malaysia, business partner Bank BRI hingga saat ini sejumlah  15 (lima belas) institusi . Institusi ini diantaranya berupa bank, remittance company, maupun money transfer operator. Hingga triwulan kedua 2017, jumlah transaksi remittance TKI dari Malaysia ke tanah air yang dilakukan melalui BRI sebanyak 2,5 juta transaksi dengan nilai Rp 8,3 Triliun. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.