Jumat, 19 April 24

Megawati Sindir Kadernya Lewat Pidato di Acara HUT ke-50 PDIP

Megawati Sindir Kadernya Lewat Pidato di Acara HUT ke-50 PDIP
* Analis komunikasi politik dan militer dari Universitas Nasional (Unas), Selamat Ginting. (Foto: Istimewa)

Obsessionnews.com – Pidato Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dalam acara HUT ke-50 PDIP yang digelar di Gedung JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, pada Selasa (10/1/2023), mendapat tanggapan dari Analis komunikasi politik dan militer dari Universitas Nasional (Unas), Selamat Ginting.

Selamat menilai, pidato tersebut disampaikan secara implisit yang ditujukan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo.

“Megawati menyindir Jokowi, Ganjar, dan FX Rudy dengan gaya komunikasi asertif. Menyampaikan secara terbuka serta menjaga rasa hormat kepada orang lain,” kata Selamat Ginting di Kampus Unas, Jakarta, Selasa (10/1).

Menurut Selamat, pidato Megawati secara terang-terangan disampaikan secara asertif dengan pesan komunikasi yang kuat dan tegas namun dilakukan dengan tenang.

Inti dari pidato Megawati, kata dia, memberikan pesan kepada kader PDIP, terutama Jokowi, Ganjar Pranowo, dan Rudy agar tidak keluar dari aturan partai dalam bertindak. Bahkan Megawati mengancam akan memecat kader yang tidak mematuhi keputusan partai.

Dikemukakan, ada tiga poin pesan yàng ditujukan kepada ketiga petugas partai. Petugas partai adalah istilah yang sering diucapkan Megawati bagi kader PDIP yang menduduki jabatan di eksekutif, legislatif, maupun yudikatif.

Pertama, untuk Jokowi, Megawati secara tegas menjelaskan, tanpa PDIP, mantan Gubernur DKI Jakarta itu, bukan siapa-siapa. Bahkan tidak akan pernah menjadi Presiden Indonesia.

Kedua, untuk Ganjar Pranowo, Megawati meminta agar mematuhi aturan partai dan jangan coba membuat manuver dalam menghadapi kontestasi pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

“Siapa bakal calon presiden dan wakil presiden, itu menjadi kewenangan penuh Megawati yang telah memimpin partainya selama 30 tahun,” ujar dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unas itu.

Ketiga, untuk FX Hadi Rudyatmo, Megawati bahkan secara khusus mencarinya saat berpidato. Megawati menceritakan awalnya Rudy seorang preman, kemudian diajak bergabung ke PDI.

“Rudy maunya berantem melulu,” ucap Selamat menirukan Megawati.

Di situ, lanjut Selamat, Megawati menyindir posisi Rudy yang sudah diberikan sanksi keras dan terakhir akibat dukungan kerasnya terhadap Ganjar Pranowo untuk menjadi bakal calon presiden.

Sementara Ganjar Pranowo juga sudah diberikan teguran lisan atas pernyataannya yang bersedia menjadi bakal capres. Kedua kader PDIP itu mendapatkan teguran pada November tahun lalu.

Pada kesempatan pidato kali ini, ungkap Selamat, Megawati juga membuka rahasia politik saat Pilpres 2019 lalu.

“Dialah yang menyorongkan nama Maruf Amin untuk menjadi cawapres dampingi Jokowi. Padahal sebelumnya calon yang akan dibawa Jokowi adalah Mahfud MD,” ujar Selamat, Ketua bidang Politik Pusat Studi Literasi Komunikasi Politik Unas.

Menurutnya, dengan mengungkapkan pidato secara asertif, sesungguhnya Megawati ingin mengirimkan pesan bahwa dia masih sebagai “queen maker” dan PDIP masih berada dalam genggamannya secara penuh.

“Artinya apa? Jangan coba-coba melawan Megawati jika tidak ingin menanggung akibatnya,” pungkas Selamat. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.