Senin, 23 September 19

Megawati Sang Superstar

Megawati Sang Superstar
* Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri. (Foto: Twitter @PDI_Perjuangan)

Megawati Berpotensi Menyaingi Soeharto

Soeharto memang berkepentingan memenangkan partai beringin untuk melanggengkan kekuasaannya. Jenderal Besar tidak mau disaingi oleh siapa pun. Oleh karena itu dia menyingkirkan  orang-orang yang berpotensi menyainginya.

Salah seorang politikus yang dinilai berpotensi mengancam kekuasaan Soeharto adalah Megawati. Megawati yang akrab dipanggil Mbak Mega ini simbol perlawanan terhadap Orba.

Megawati mulai terkenal ketika terpilih menjadi anggota DPR dari PDI pada Pemilu 1987. Megawati kembali melenggang ke Senayan, sebutan populer untuk Gedung MPR/DPR di Senayan, Jakarta Pusat, pada Pemilu 1992.

Popularitasnya semakin melejit ketika pada 1993 dia terpilih menjadi Ketua Umum DPP PDI periode 1993-1998 dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PDI di Surabaya, Jawa Timur. Dia menggantikan Soerjadi.

Terpilihnya Megawati sebagai Ketua Umum PDI tersebut membuat Soeharto tak senang. Soeharto khawatir PDI di bawah kepemimpinan Megawati akan menjadi besar, dan mengancam keberadaan Golkar. Selain itu jika PDI lebih besar dari Golkar akan membuka peluang Megawati menjadi calon presiden.

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2 3 4 5 6

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.