Selasa, 7 Desember 21

Media Prancis Soroti Suara Azan di Indonesia, Ini Tanggapan Kemenag

Media Prancis Soroti Suara Azan di Indonesia, Ini Tanggapan Kemenag
* Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin. (Foto: Humas Kemenag)

Jakarta, obsessionnews.com – Agency France Presse (AFP), media asal Prancis, menyoroti suara azan di Indonesia. Terkait hal ini Kementerian Agama (Kemenag) memberikan tanggapan. Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin menegaskan, bahwa azan adalah panggilan bagi umat Islam untuk menunaikan salat.

Baca juga:

Masjid-masjid di Jerman Diizinkan Azan Lewat Pengeras Suara

Tengku Zulkarnain Meninggal Dunia 1 Menit Setelah Azan Magrib di Riau

“Azan adalah panggilan salat, sehingga dikumandangkan pada waktunya. Durasi azan juga tidak lama,” kata Kamaruddin di Jakarta dalam siaran pers, Sabtu (16/10/2021).

Meski demikian, lanjutnya, Kemenag telah menerbitkan Instruksi Dirjen Bimas Islam tahun 1978 tentang Tuntunan Penggunaan Pengeras Suara di Masjid, Langgar dan Mushala. Instruksi No Kep/D/101/1978 diterbitkan seiring meluasnya penggunaan pengeras suara oleh masjid/langgar/mushalla di seluruh Indonesia, baik untuk azan, iqamah, membaca ayat Al-Qur’an, membaca doa, peringatan hari besar Islam, dan lainnya. Hal tersebut selain menimbulkan kegairahan beragama dan menambah syiar kehidupan keagamaan, pada sebagian lingkungan masyarakat kadang juga menimbulkan ekses rasa tidak simpati disebabkan pemakaiannya kurang memenuhi syarat.

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2 3 4

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.