Kamis, 21 November 19

Mayoritas Pemilih di Pilpres 2019 Pendukung NKRI

Mayoritas Pemilih di Pilpres 2019 Pendukung NKRI
* Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby. (foto: LSI Denny JA)

Jakarta, Obsessionnews.com – Reuni 212 menjadi salah satu kegiatan pengumpulan massa terbesar di Indonesia. Bahkan dengan pelaksanaannya yang tertib dan aman, banyak apresiasi setelah kegiatan reuni tersebut.

Dari hasil temuan survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA pada Rabu (19/12/2018) mayoritas setuju dengan konsep NKRI yang berdasarkan pancasila.

“Hanya minoritas yang menyatakan setuju dengan konsep NKRI bersyariah yang diusung oleh Habib Rizieq Shihab,” ujar peneliti LSI Denny JA Adjie Alfaraby.

Sementara itu di pemilih yang menyatakan suka dengan reuni 212 (54.5 %), sebesar 83.2 % menyatakan bahwa mereka setuju dengan NKRI yang berdasarkan pancasila. Hanya 12.8 % yang menyatakan pro dengan NKRI bersyariah.

Sedangkan pemilih yang menyatakan tidak suka dengan reuni 212 (26.0%), sebesar 95.1 % menyatakan setuju dengan NKRI yang berdasarkan Pancasila. Hanya sebesar 3.3 % yang menyatakan bahwa mereka setuju dengan konsep NKRI bersyariah.

Artinya bahwa mayoritas pemilih Indonesia adalah pendukung NKRI yang berdasarkan Pancasila. Dan gagasan NKRI bersyariah sangat minoritas dukungannya, bahkan di kalangan pemilih muslim sendiri.

Jika dukungan capres dilihat dari segmentasi pemilih yang suka maupun tidak suka terhadap reuni 212, pasangan Jokowi-Maruf relatif masih unggul di kedua segmen tersebut. Di pemilih yang menyatakan suka dengan gerakan reuni 212 (54.5 %), dukungan terhadap Jokowi Maruf unggul tipis dari pasangan Prabowo-Sandi.

“Di segmen pemilih ini, Jokowi Maruf memperoleh dukungan sebesar 43.6 %, sementara pasangan Prabowo-Sandi memperoleh dukungan sebesar 40,7 %,” tutur Adjie.

Sementara di segmen pemilih yang menyatakan tidak suka dengan reuni 212, Jokowi-Maruf unggul telak. Di segmen ini, Jokowi-Maruf memperoleh dukungan sebesar 61.8 %. Dan dukungan terhadap Prabowo-Sandi sebesar 27.6 %.

Di mereka yang tak menyatakan sikap suka atau tidak suka dengan reuni 212, Jokowi-Maruf juga unggul. Jokowi-Maruf memperoleh dukungan sebesar 52.6 %. Dan sebesar 37.2 % menyatakan mendukung pasangan Prabowo-Sandi.

Jika dukungan capres dilihat dari pemilih yang tahu dan pemilih yang tidak tahu adanya reuni 212, Jokowi Maruf juga masih unggul. Di pemilih yang menyatakan bahwa mereka tahu/pernah mendengar reuni 212 (58.5 %), Jokowi Maruf unggul dengan dukungan sebesar 50.0 %. Dan dukungan terhadap Prabowo Sandi sebesar 36.6 %. Sementara di pemilih yang menyatakan tidak pernah mendengar reuni 212, Jokowi Maruf unggul telak dengan dukungan sebesar 61.6 %. Sementara dukungan terhadap Prabowo Sandi sebesar 21.5 %. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.