Minggu, 29 Mei 22

Masyarakat Tidak Diperbolehkan Pilih Jenis Vaksinasi Booster

Masyarakat Tidak Diperbolehkan Pilih Jenis Vaksinasi Booster
* Vaksinasi booster diberikan secara gratis untuk masyarakat usia 18 tahun ke atas dengan prioritas sasaran lansia dan penderita imunokompromais. (Foto: Kemenkes)

Jakarta, obsessionnews.com – Vaksinasi dosis lanjutan (booster) telah resmi dimulai. Di bulan Januari 2022 vaksinasi booster ditargetkan menyasar 21 juta orang.

Siapa sajakah mereka?

 

Baca juga: 

Vaksin Booster Segera Dimulai, Cek Tiket Jadwal Vaksinasi di PeduliLindungi

Dukung Program Vaksin Booster, Puan Maharani: Berikan Gratis Bagi Masyarakat Kurang Mampu

 

Dikutip dari akun Facebook Kementerian Kesehatan, Sabtu (15/1/2022), vaksinasi booster diberikan secara gratis untuk masyarakat usia 18 tahun ke atas dengan prioritas sasaran lansia dan penderita imunokompromais, dan telah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap minimal enam bulan sebelumnya.

Bagi kelompok prioritas vaksinasi booster yang telah divaksinasi dua kali, bisa mengecek tiket dan jadwal vaksinasi di aplikasi Pedulilindungi. Sasaran disarankan rutin mengecek aplikasi Pedulilindungi untuk memastikan apakah sudah menerima tiket dan jadwal vaksinasi booster atau belum.

Apabila tiket dan jadwal tidak muncul, sasaran bisa datang langsung ke fasyankes maupun sentra pelayanan vaksinasi terdekat dengan membawa KTP dan bukti vaksinasi dosis 1 dan 2. Beberapa sentra vaksinasi juga sudah membuka pendaftaran secara online.

Masyarakat tidak diperbolehkan memilih jenis vaksinasi booster. Jenis vaksin akan diberikan sesuai dengan riwayat penerimaan vaksin dosis pertama dan kedua serta mempertimbangkan ketersediaan vaksin di layanan vaksinasi.

Tiket yang diperoleh bisa digunakan fasilitas pelayanan kesehatan milik pemerintah seperti Puskesmas, RS pemerintah maupun RS milik pemda.

Vaksinasi booster bertujuan untuk meningkatkan sekaligus mempertahankan daya tahan tubuh terhadap ancaman penularan Covid-19. Diharapkan kelompok prioritas vaksinasi booster segera mengakses fasyankes maupun sentra vaksinasi terdekat untuk mendapatkan dosis lanjutan untuk memberikan perlindungan yang optimal. (red/arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.