Jumat, 29 Maret 24

Breaking News
  • No items

Masyarakat Sipil: Jangan Sampai Sikap Arief Hidayat Kerdilkan MK

Masyarakat Sipil: Jangan Sampai Sikap Arief Hidayat Kerdilkan MK
* Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Arief Hidayat.

Jakarta, Obsessionnews.com – Koalisi Masyarakat Sipil Selamatkan Mahkamah Konstitusi mendesak Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Arief Hidayat untuk mengundurkan diri dari jabatan ketua dan hakim konstitusi. Arief dinilai bisa mengerdilkan eksistensi MK.

“Jangan sampai sikap ketua MK mengerdilkan lembaga,” kata anggota Koalisi Ahmad Fanani di Gedung MK Jakarta, Selasa (6/2/2018).

Fanani juga khawatir sikap mempertahankan diri yang dilakukan Arief justru mempertaruhkan kepercayaan publik pada MK. Apalagi sebentar lagi MK akan menghadapi berbagai sengketa yang berkaitan Pilkada dan Pemilu 2019.

“Semestinya MK bisa dijadikan lembaga terakhir bagi pencari keadilan. Kalau hakim sudah kehilangan moral dan etika, bahaya, masyarakat kehilangan kepercayaan pada MK,” ujar Fanani.

Menurut Fanani, penyelesaian sengketa pemilu membutuhkan hakim-hakim yang memiliki integritas. Apalagi, setiap keputusan berdampak pada daerah dan masyarakat luas.

Ketua MK Arief Hidayat telah dua kali terbukti melakukan pelanggaran kode etik. Pada 2016, Arief Hidayat pernah mendapatkan sanksi etik berupa teguran lisan dari Dewan Etik MK.

Pemberian sanksi dilakukan lantaran Arief dianggap melanggar etika dengan membuat surat titipan atau katebelece kepada Jaksa Agung Muda Pengawasan Widyo Pramono untuk “membina” seorang kerabatnya.

Untuk kali kedua Dewan Etik MK menyatakan Arief terbukti melakukan pelanggaran ringan terkait pencalonannya kembali sebagai hakim konstitusi di DPR, Rabu (6/12/2017). Dia bertemu dengan sejumlah pimpinan Komisi III DPR di Hotel Ayana Midplaza, Jakarta.

Dalam pemeriksaan oleh Dewan Etik, Arief terbukti melanggar kode etik. Atas putusan tersebut, Dewan Etik MK menjatuhkan sanksi berupa teguran lisan kepada Arief. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.