Kamis, 21 Oktober 21

Masyarakat Muna Perkuat Persatuan di Jakarta

Masyarakat Muna Perkuat Persatuan di Jakarta

Jakarta, Obsessionnews – Kerukunan Keluarga Masyarakat Muna (KKMM) memanfaatkan anjungan Sulawesi Tenggara di Taman Mini Indonesia (TMII) Jakarta, Minggu (2/78/2015), sebagai ajang silaturahmi halal Bihalal dalam memperkuat tali persaudaraan masyarakat Muna Se- Jabodetabek.

“Momentum untuk bersilaturahmi dengan suasana menyenangkan, penuh kebaikan guna membangun semangat kekeluargaan warga Muna se-Jabodetabek. Melalui halal bihalal juga ini pada prinsipnya agar saling menghormati antara yang tua dan muda, saling bahu membahu satu sama lain,  berbagi, saling menasehati agar senantiasa menjaga kredibilitas serta membangun kesatuan guna menyatukan pemikiran bersama,” ungkap Ketua KKMM, La Ode Ahmad Pidana, usai halal bihalal bertema ‘Kita Tingkatkan Ketaqwaan  Kepada Allah SWT Menjalin Tali Silaturahmi, Meningkatkan Kerja Sama, dan Kekeluargaan’.

Menurut La Ode Ahmad Pidana, momentum halal bihalal sangat penting dan  strategis dalam menjalin semangat kekeluargaan dan wadah silatuhrahmi masyarakat Muna di daerah perantauan.  Karena kesibukan satu sama lain sehingga memanfaatkan momentum halal bihalal sebagai ruang membangun rasa persatuan dan kekeluargaan, dengan nilai-nilai cultur atau budaya muna.

Muna H2

“Lebih menjalin keikhlasan pikiran, tenaga untuk saling membangun dan membesarkan, tentunya tetap menjaga nilai-nilai kultur budaya Muna. Dan di daerah perantauan ini menurut saya tidak ada perbedaan dengan masyarakat Muna di daerah Kabupaten Muna sendiri,” tuturnya.

Laode Ahmad Pidana juga mengaku sedang membangun komunikasi dengan Ketua Forum Komunikasi Pemuda Muna Indonesia (FKPMI) dalam hal mencari instrumen kegiatan seperti olahraga atau pentas tari guna mengakomodir lapisan masyarakat muna diperantauan. Tentunya melibatkan pemuda,  tujuannya untuk menjalin silaturahmi dalam menempatkan satu titik disini. “Kalau pemudanya kuat maka masyarakatnya kuat”, pungkasnya.

Ia menilai, pelibatan pemuda sebagai generasi penerus sehingga perlu ditingkatkan lagi sebagai penyokong soliditas dalam memperkokoh persataun dan kesatuan dalam bingkai kekerabatan. “Konteks lebih maju dari sebelumnya, sebab  dari hari kehari pemuda Muna lebih banyak datang sekolah di Jakarta ini, dan saya pikir ini potensi yang harus dibangung bersama untuk saling membesarkan,” harapnya.

Muna H4

Ketua Forum Komunikasi Pemudan Muna Indonesia (FKPMI) juga lanjutnya, membuat sebuah patron baru. Pemuda sebagai sosial agen atau sosial pembaharu agar tidak mudah terpecah belah, tidak mudah terhasut. Harus membangun satu kesatuan di daerah rantau Ibu kota sehingga menjadi patron untuk di kampung. ” Ya tujuannnya agar melahirkan kader masyarakat Muna yang bisa eksis dalam bidang politik, pemerintahan, maupun kewirausahaan,” jelasnya.

Kurang lebih seribu kepala keluarga Muna yang tersebar di wilayah Jabodetabek, La Ode Ahmad Pidana berharap dalam penyelengaraan halal bihalal dapat mewujudkan solidaritas kuat, kerja sama yang baik berdasarkan nilai-nilai filosofi Muna. “Poangka-angka tau atau saling menghargai sesama,” terangnya.

Mengingat momentum demokrasi politik pemilihan kepala daerah Lode Ahmad Pidana membantah kalau kegiatan halal bihalal 2 agustus di Anjungan Sultra TMII, dijadikan momentum konsolidasi politik salah satu figur. “Tidak kegiatan ini biasa saja, kita hanya ingin bersiraturahmi sebab kegiatan seperti ini kegiatan ceremonial tahunan. Jadi kita hanya ingin menjalin hubungan kekeluargaan di tanah rantau ini”, bantahnya.

Muna H1

Ia juga menambahkan dalam menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) 17 Agustus, KKMM, dan FKPMI akan membuat kegiatan familiar yang identik dengan budaya Muna.

Sedangkan Sekjen KKMM Muslim mengaku lagi melakukan komunikasi dengan berbagai pihak petinggi Muna agar diadakan rumah Penginapan KKMM. “Saya lagi bangun komunikasi juga dengan ketua DPDR Muna untuk segera diadakan di Jakarta penginapan untuk orang Muna. Dan InsyaAllah besok kami akan cek rumah itu. Ini bagian dari kiat-kiat dan kepedulian kami dikepengurusan KKMM, sebab kami anggap ini penting juga.” terangnya.

Halal bihalal dihadiri juga Ketua DPRD Muna Mukmin Naini,  Ketua Kerukukan Keluarga Sulawesi Tenggara Laode Djeni Hasnar, Kepala Perwakilan Sulawesi Tenggara, Keluarga Besar masyarakat Muna se-Jabodetabek yang bekerja diberbagai intansi pemerintah maupun aparat Polisi dan TNI. (Asma)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.