Jumat, 24 September 21

Masuki Libur Akhir Pekan, Waspadai Jalur Selatan Subang

Masuki Libur Akhir Pekan, Waspadai Jalur Selatan Subang
* Kasat Lantas Polres Subang AKP S Ridwan

Subang, Obsessionnews – Memasuki liburan akhir pekan sejak Kamis (14/5/2015) lalu, lonjakan arus lalu-lintas yang melewati wilayah Subang terjadi cukup signifikan. Menurut Kepala Satuan Lalu-Lintas (Kasat Lantas) Polres Subang, AKP S Ridwan, untuk mengantisipasi lonjakan arus lalu-lintas pada Sabtu dan Minggu (17/5), pihak Polres Subang telah menyiagakan anggota di Jalur Pantura, Jalur tengah atau kota dan Jalur Selatan yang merupakan Jalur Wisata.

“Untuk Sabtu dan Minggu besok, diperkirakan arus akan kembali meningkat. Pihaknya telah all out menyaiakan anggota di 3 lokasi tersebut,” ujarnya kepada obsessionnews.com di ruang kerjanya, Jumat (15/5/2015).

Diperkirakan titik krusial akan terjadi di wilayah Jalur Selatan Jalancagak dan Ciater yang merupakan kawasan wisata Sari Ater dan Gunung Tangkuban Parahu.

Ridwan menginformasikan kepada para wisatawan luar kota Subang, bisa menggunakan jalur alternatif yang akan menuju Sari Ater menggunakan jalur Lembang untuk yang dari Bandung. Sedangkan untuk dari Jakarta atau Purwakarta melalui Kalijati.

Selain itu, ada jalur alternatif yaitu jalur yang akan menuju Sumedang bisa menggunakan jalur Sagalaherang, Jalancagak lanjut ke Cisalak dan Tanjungsiang. Begitu pula arah sebaliknya.

Kemudian Ridwan menyampaikan karakteristik Jalur pantura yang lurus dan besar. “Sehingga menjadi daya tarik pengguna jalan untuk menambah kecepatan,” ujarnya. Ridwan menghimbau pemakai jalan untuk mengendalikan kecepatan, jaga jarak aman dan perhatikan serta patuhi rambu-rambu lalu-lintas.

Sementara untuk karakteristik Jalur Selatan yang menanjak dan menurun serta terdapat belokan yang cuikup tajam. Merupakan daerah rawan kecelakaan terutama bagi pengguna jalan yang baru melewati sehingga kurang mengenal medan.

“Gunakan gigi rendah saat menanjak maupun saat melalui turunan sehingga apabila menghadapi kendala bisa diantisipasi dengan baik,” jelasnya. (Teddy Widara)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.