Minggu, 25 September 22

Masjid Simbol Persatuan Umat

Masjid Simbol Persatuan Umat
* Fuad Nasar. (Foto: kemenag.go.id)

Oleh: M. Fuad Nasar,  Sesditjen Bimas Islam Kementerian Agama RI

Masjid memiliki peran strategis sebagai pusat ibadah yang melahirkan peradaban sejak awal kehadiran Islam. Sejarah masjid adalah sebagian dari sejarah Islam itu sendiri. Islam  seperti kesimpulan yang diberikan H.A.R. Gibb, bukan hanya sekadar agama dalam pengertian yang sempit, melainkan meliputi civilization (kebudayaan) yang lengkap.

Masjid-masjid bersejarah dengan bentuk arsitekturnya yang khas, anggun, dan megah terdapat di berbagai penjuru daratan, teluk, kota, dan desa; suatu kekayaan sejarah dan peradaban umat Islam yang luar biasa. Masjid dengan perpaduan arsitektur klasik dan modern maupun masjid berarsitektur modern juga semakin banyak kita jumpai di berbagai kota.

Perkembangan dakwah Islam di suatu negara tergambar dari bangunan dan fungsi masjidnya. Masjid memiliki peran sentral dan strategis dalam kehidupan umat Islam dari masa ke masa. Keberadaan dan fungsi masjid lebih dari sekedar empat shalat berjamaah. Kalau hanya sebagai tempat shalat, seluruh permukaan bumi dijadikan Allah layak sebagai tempat sujud (masjid). Masjid memiliki fungsi sebagai tempat pembinaan jamaah yang melahirkan terbentuknya kesatuan umat dengan landasan iman dan takwa.

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2 3 4 5 6

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.