Kamis, 25 April 24

Masih Hidup, Bayi Prematur Dikubur Hidup-hidup

Masih Hidup, Bayi Prematur Dikubur Hidup-hidup
* Sempat kritis saat diselamatkan dari dalam tanah, kesehatan bayi prematur itu kini dinyatakan normal. (BBC)

Biadab! Ditemukan bayi prematur dikubur hidup-hidup, ternyata masih hidup dan mampu bertahan hidup.

Bayi perempuan yang ditemukan sekarat setelah dikubur hidup-hidup di kota Bareilly, Uttar Pradesh, India, Oktober lalu, kini telah pulih.

Saat diselamatkan, bayi yang lahir prematur itu kekurangan trombosit dan mengidap penyakit langka berbahaya bernama septicaemia.

Di saat kondisi bayi itu berangsur normal, kepolisian hingga kini belum bisa menangkap orang tua sang bayi. Bayi itu pun akan segera dimasukkan ke dalam program adopsi.

Dokter anak yang menangani bayi tersebut, Ravi Khanna, berkata kepada BBC bahwa bobot sang bayi terus bertambah.

Jumlah trombosit bayi yang kini dirawat di panti asuhan milik pemerintah setempat itu juga berada pada jumlah normal.

Dr Khanna sedang menangani bayi yang jumlah trombosit sangat rendah dan infeksi darah. (BBC)

Pertengahan Oktober lalu, seorang penduduk Bareilly tanpa sengaja menemukan bayi itu. Ia berkata, saat ditemukan bayi itu masih merah atau baru saja dilahirkan.

Dalam tradisi Hindu setempat, jenazah orang mati biasanya dikremasi. Namun jasad bayi dan anak-anak kerap kali dikubur.

Si penemu bayi itu, seorang laki-laki, berkata kala itu ia tengah menggali tanah hingga sedalam 90 sentimeter. Pacul yang ia gunakan lalu memecahkan sebuah kendi. Saat itulah ia mendengar suara tangisan bayi.

Ketika membuka kendi berbahan tanah liat itu, ia menemukan bayi dalam kondisi masih bernyawa.

Awalnya bayi itu dilarikan ke rumah sakit terdekat, tapi karena fasilitas yang tak memadai, ia dibawa ke klinik milik dokter Ravi Khanna.

Sejumlah dokter memperkirakan, sang bayi lahir prematur yang masih berusia 30 minggu (7,5 bulan) dengan bobot tak lebih dari 1,1 kilogram.

Para dokter berkata, tubuh bayi itu berkerut. Ia diduga mengalami hipotermia dan kekurangan kadar gula darah.

“Selasa lalu, ketika kami menyerahkan bayi itu ke otoritas kota, dia berbobot 2,5 kilogram. Dia mendapat asupan susu formula dan kini sudah sudah benar-benar sehat,” kata dokter Khanna.

Tak ada yang tahu pasti berapa lama bayi itu dikubur sebelum akhirnya diselamatkan. Khanna berkata, timnya hanya bisa memprediksi bagaimana bayi tersebut bertahan hidup.

Bagaimanapun, kata Khanna, ia menilai bayi itu dapat bertahan hidup selama tiga hingga empat hari atas bantuan lemak coklat dalam tubuh.

Bayi dilahirkan dengan sejumlah lemak di dalam perut, paha, dan pipi. Menurut Khanna, bayi dapat melalui kondisi darurat dengan bantuan lemak tersebut.

Namun sejumlah pihak memperkirakan sang bayi dikubur tak lebih dari dua hingga tiga jam setelah dilahirkan. Dengan prediksi ini, bayi itu dinilai hanya dapat bertahan selama beberapa jam setelahnya.

Dr Ravi Khanna menyebut bayi tersebut mendapat asupan susu formula. (BBC)

Sebuah lubang di dalam kendi diprediksi telah memberi aliran oksigen terhadap sang bayi. Lapisan tanah yang kendur juga dianggap memungkinkan oksigen masuk ke dalam kendi yang dikubur tersebut.

Sejak penemuan bayi itu, polisi resmi memulai investigasi kasus pidana, walau mereka belum dapat menemukan orang tua bayi itu hingga kini.

Kepolisian yakin orang tua bayi itu terlibat langsung dalam kasus ini. Dasar argumen mereka, tak ada satupun keluarga yang datang ke rumah sakit atau ke kepolisian setelah penemuan tersebut dipublikasikan. (*/BBC)

Sumber: BBC Magazine

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.