Minggu, 24 Maret 19

Ma’ruf Amin Sudah Menang Sebelum Debat Dimulai

Ma’ruf Amin Sudah Menang Sebelum Debat Dimulai
* Karikatur Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno. (Foto: Jawa Pos)

Jakarta, Obsessionnews.com – Masing-masing calon wakil presiden Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno akan diuji keilmuan dan pengalamannya dalam ajang debat cawapres pada Minggu (17/3/2019). Namun pihak Tim Kampanye Nasional (TKN) menilai Ma’ruf lah yang akan memenangkan debat tersebut, jauh sebelum acara dimulai.

Menurut Wakil Ketua TKN Johnny G Plate, hal itu karena Ma’ruf merupakan seorang tokoh senior yang memiliki pengalaman mumpuni dalam beradu argumen, termasuk pada forum debat. Secara keilmuan juga dinilai jauh dibandingkan Sandiaga Uno.

“Pak Ma’ruf ini merupakan tokoh yang sangat senior, yang menguasai teknik debat. Kalau kita bilang, Kiai Ma’ruf Amin menang debat sebelum debat itu berlangsung,” ujar Johnny di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin, (11/3/2019).

Johnny enggan membeberkan strategi Ma’ruf dalam menguasai panggung debat. Dia menyampaikan, mantan Ketua Umum MUI itu bisa dipastikan akan menyampaikan argumen-argumen dengan tepat. “Dia akan berkembang sesuai dengan dinamisnya debat,” ujarnya.

Johnny menegaskan, TKN hanya berharap lawan debat Ma’ruf, cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno, juga bisa menyampaikan argumen-argumennya dengan mengacu kepada data dan fakta yang akurat. Bukan hanya sekadar janji dan bualan semata.

Sebab, kata dia, debat merupakan kesempatan masyarakat menilai kapabilitas calon pemimpinnya, bukan sekadar kapabilitas menjadi pemenang dalam adu argumen belaka.

“Jangan sampai nanti ngomong tanpa data lagi. Karena apa, karena ini terkait dengan perasaan masyarakat. Jika data yang salah diangkat dalam debat, ini berbahaya sekali,” ujar Johnny.

Sementara itu, Komisioner KPU Ilham Saputra menambahkan persiapan debat ketiga sudah 80 persen. Ilham mengatakan panelis yang ada dari berbagai bidang terkait tema debat ketiga, yakni pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, serta sosial dan kebudayaan.

“Kami sudah umumkan panelisnya. Panelis ada dari berbagai bidang: kesehatan, ketenagakerjaan, pendidikan, dan sosial-budaya. Salah satunya saja Pak Radhar Panca Dahana untuk budaya. Kemudian ada dari Migrant Care untuk ketenagakerjaan,” kata Ilham.

Selain itu, terdapat beberapa ahli dan akademisi dari beberapa kampus, misalnya untuk isu pendidikan dari Universitas Syiah Kuala dan Universitas Hasanuddin. Sementara itu, KPU sedang menyusun SK penetapan panelis. KPU juga akan menggelar focus group discussion untuk mengundang panelis debat ketiga pada Selasa (12/3).

Ilham menyebutkan empat nama panelis dari sembilan yang sudah dikonfirmasi menjadi panelis debat ketiga. Keempatnya adalah Rektor Universitas Syiah Kuala Prof Dr Ir Samsul Rizal, Rektor Universitas Hasanuddin Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu MA, sastrawan dan budayawan Indonesia Radhar Panca Dahana, serta Direktur Eksekutif Migrant Care Anis Hidayah.

Sebelumnya, KPU menentukan Alfito Deannova dan Putri Ayuningtyas sebagai moderator. Debat ketiga diselenggarakan pada 17 Maret 2019 di The Sultan Hotel, Jakarta Pusat, dan akan disiarkan secara langsung di Trans TV, Trans 7, CNN TV Indonesia, dan detik.com. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.