Kamis, 20 Januari 22

Mantul! Bendungan Bintang Bano Terbesar di NTB

Mantul! Bendungan Bintang Bano Terbesar di NTB
* Bendungan Bintang Bano di Kabupaten terbesar kapasitas tampungnya di Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan volume 76 juta m3. (Foto: FB Kementerian PUPR)

Sumbawa, obsessionnews.com – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) cukup banyak membangun bendungan. Salah satu di antaranya Bendungan Bintang Bano di Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB).

 

Baca juga:

Dukung Kedaulatan Pangan, Kementerian PUPR Garap Pembangunan Bendungan Jragung

Berbeda dari Biasanya! Menumpang Perahu Naga, Jokowi Resmikan Bendungan Ladongi di Kolaka Timur

 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau Bendungan Bintang Bano, Rabu (12/1/2022). (Foto: FB Kementerian PUPR)

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau kesiapan peresmian Bendungan Bintang Bano, Rabu (12/1/2022).

Dikutip dari keterangan tertulis Kementerian PUPR, Rabu, Bendungan Bintang Bano akan menjadi bendungan ketiga di NTB yang diresmikan Presiden Jokowi setelah Tanju pada 2018 dan Mila pada 2019. Bendungan ini juga yang terbesar kapasitas tampungnya di NTB dengan volume 76 juta m3. Mantul!

Bendungan ini bermanfaat untuk irigasi lahan pertanian seluas 6.700 ha. Diharapkan dengan adanya bendungan ini, lahan tersebut akan bisa ditanami padi dua kali setahun.

Dibangun oleh kontraktor PT Brantas Abipraya – PT Hutama Karya – PT Bahagia Bangun Nusa (KSO), bendungan ini juga berfungsi untuk pengendalian banjir, pemenuhan kebutuhan air baku, potensi menghasilkan listrik dari tenaga air dan panel surya terapung, serta tujuan pariwisata. (red/arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.