Sabtu, 20 April 24

Mantap! Vaksin Covid-19 Gratis untuk Masyarakat

Mantap! Vaksin Covid-19 Gratis untuk Masyarakat
* Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Kapoy/layar tangkap)

Jakarta, Obsessionnews.com – Tampaknya kini masyarakat yang merindukan vaksin dapat bernafas lega. Bagaimana tidak, isu tentang biaya vaksin Covid-19 kini terjawab sudah.

Program vaksinasi Covid-19 yang akan dilakukan di Indonesia akhirnya akan dibiayai pemerintah sepenuhnya alias gratis bagi masyarakat.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, setelah menerima masukan masyarakat dan setelah melakukan kalkulasi ulang mengenai keuangan negara, dapat disampaikan bahwa vaksin Covid-19 untuk masyarakat adalah gratis.

“Sekali lagi gratis tidak dikenakan biaya sama sekali,” tegas Jokowi dalam keterangan persnya di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (16/12/2020).

Dengan begitu, orang nomor satu di Indonesia ini memerintahkan jajaran kementerian dan lembaga untuk memprioritaskan program vaksinasi pada tahun anggaran 2021. Jokowi juga memerintahkan kepada Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani untuk memprioritaskan dan merealokasi dari anggaran lain terkait ketersediaan vaksinasi gratis agar tidak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak dapat mengakses vaksin Covid-19.

Kebijakan ini berbeda dengan ketetapan pemerintah sebelumnya, yakni membagi program vaksinasi ke dalam dua skema. Pemerintah memang menargetkan ada 107 juta orang dari 160 juta penduduk di rentang usia 18-59 tahun yang divaksinasi sepanjang 2020-2022. Skema vaksinasi dibagi dua, yakni 32 juta orang digratiskan dan 75 juta lainnya mengakses secara mandiri.

Total anggaran vaksinasi yang disiapkan pemerintah untuk 2021, berdasarkan rencana awal mencapai Rp60,5 triliun. Perinciannya, Rp 18 triliun untuk pengadaan vaksin Covid-19, Rp3,7 triliun untuk penerapan imunisasi, dan Rp1,3 triliun untuk pengadaan sarana prasarana laboratorium dan litbang. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.