Kamis, 25 April 24

Mantap! Umrah ke Tanah Suci Dibuka Kembali

Mantap! Umrah ke Tanah Suci Dibuka Kembali
* Ilustrasi masyarakat Indonesia menjalani umrah ke tanah suci. (Foto: Albar/OMG)

Jakarta, obsessionnews.com – Mantap! Tampaknya umat muslim Indonesia dapat bernafas lega soal ibadah umrah ke tanah suci. Betapa tidak, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi telah mengumumkan dibukanya kembali umrah untuk para jemaah asal Indonesia ke Arab Saudi.

Meski telah dibuka untuk masyarakat Indonesia, ada ketentuan bagi jamaah umrah yang tidak memenuhi standar kesehatan. Ketentuan itu tertuang dalam nota diplomatik Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta pada 8 Oktober 2021.

“Nota diplomatik juga menyebutkan, mempertimbangkan masa periode untuk karantina selama 5 hari bagi para jemaah umrah yang tidak memenuhi standar kesehatan yang dipersyaratkan,” ujar Retno dalam konferensi pers secara daring pada Sabtu (9/10/2021).

Selain itu, nota menginformasikan bahwa komite khusus di kerajaan Arab Saudi sedang bekerja guna meminimalisasi segala hambatan yang menghalangi kemungkinan tidak dapatnya jemaah umrah Indonesia untuk melakukan ibadah tersebut.

Kemudian di dalam nota diplomatik disebutkan bahwa Indonesia dan Arab Saudi sedang berada dalam tahap akhir mengenai pertukaran link teknis yang akan digunakan untuk menjelaskan informasi seputar vaksinasi Covid-19 bagi para pengunjung negara Arab Saudi.

“Kedua negara juga akan memfasilitasi masuknya jamaah umrah,” ucap Retno.

Dia juga menuturkan, tentunya kabar baik ini akan ditindaklanjuti dengan pembahasan secara lebih detail mengenai teknis pelaksanaannya.

Dia mengaku, pihaknya akan terus melakukan koordinasi dengan Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan serta dengan otoritas terkait di kerajaan Arab Saudi mengenai pelaksanaan kebijakan yang baru ini.

“Saya sendiri telah melakukan koordinasi dan komunikasi baik dengan Pak Menteri Kesehatan maupun dengan Pak Menteri Agama,” pungkasnya. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.