Jumat, 22 Oktober 21

Mantap! Teman Ahok Telah Peroleh 770.867 KTP

Mantap! Teman Ahok Telah Peroleh 770.867 KTP
* Teman Ahok dan Muda-Mudi Ahok bersinergi dalam pengumpulan sejuta KTP.

Jakarta, Obsessionnews – Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok telah memberi sinyal akan maju sebagai calon gubernur (cagub) pada Pilkada DKI Jakarta 2017 melalui jalur independen. Bahkan Gubernur DKI petahana ini akan mendeklarasikan pencalonannya pada dua minggu atau tiga minggu ke depan. (Baca: Semakin Kuat Desakan Ahok Maju Lewat Jalur Independen)

Kemantapan Ahok untuk maju lewat jalur independen tersebut berdampak positif pada jumlah pengumpulan kartu tanda penduduk (KTP). Dukungan warga kepada Ahok terus mengalir dengan menyerahkan KTP-nya. (Baca: Netizen: Ahok Jangan Mau Diperbudak Partai!)

Ahok membutuhkan dukungan sejuta KTP untuk maju lewat jalur independen. Sejak Juni 2015 komunitas relawan Teman Ahok bergerilya mengumpulkan KTP melalui posko-posko yang tersebar di seluruh wilayah DKI dan booth di beberapa mal. Selain itu tak sedikit warga yang datang langsung menyerahkan KTP-nya ke markas Teman Ahok di Graha Pejaten No. 3, Jl. Pejaten Raya, di samping Universitas Nasional (Unas), Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. (Baca: Ormas Tommy Soeharto Nilai Ahok Tak Terbendung di Pilkada DKI)

Data yang dirilis situs resmi Teman Ahok menyebutkan total jumlah KTP yang telah diperoleh hingga Sabtu (5/3/2016) sebanyak 770.867 KTP.

Yang menarik perolehan KTP itu mengalahkan perolehan suara sebelas parpol peserta Pemilu 2014 di DKI. Yakni, Partai Gerindra sebesar 592.568 suara, PPP (452.224 suara), PKS (424.400 suara), Golkar (376.221 suara), Partai Demokrat (360.929 suara), Hanura (357.006 suara), PKB (260.159 suara), Nasdem (206.117 suara), PAN (172.784 suara), PBB (60.759 suara), dan PKPI (42.217 suara). Tinggal sebuah parpol yang masih berada di atas perolehan KTP untuk Ahok, yakni PDI-P (1.231.843 suara). (Baca: Jakarta Butuh Sosok Pemberani Seperti Ahok)

Perolehan KTP tersebut melewati syarat minimum pengumpulan KTP, yakni 532.000 KTP. Hal ini berdasarkan keputusan Mahkamah Konstitusi pada September 2015 yang mengubah aturan persyaratan pencalonan kepala daerah bagi calon independen untuk Pilkada 2017. Sebelumnya calon independen berdasarkan persentase penduduk, lalu diubah cukup berdasarkan persentase daftar pemilih tetap (DPT) dalam pemilu sebelumnya. Untuk Provinsi DKI Jakarta, syarat minimalnya adalah 532.000 KTP. (Baca: Duet Ahok-Samad Bikin Ngeri Koruptor)

Kendati demikian Ahok minta Teman Ahok tetap mengejar target sejuta KTP seperti target awal. Pasalnya, jika ada KTP yang diverifikasi Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI dan dianggap tak memenuhi syarat, masih punya stok KTP.  (Baca: Ahok Tantang Majukan April, Dapat Sejuta KTP)

Selain didukung Teman Ahok, Ahok juga didukung Partai Nasdem. Partai besutan Surya Paloh ini secara resmi mendeklarasikan dukungannya pada Ahok, Jumat (12/2) lalu. Dukungan Nasdem tanpa syarat, yakni partai ini mempersilakan Ahok maju lewat jalur independen. Nasdem membantu percepatan pengumpulan sejuta KTP. (Baca: Dukungan Untuk Ahmad (Ahok-Samad) Terus Mengalir dari Netizen)

Setelah mendeklarasikannya pada Ahok, Nasdem membentuk Muda-Muda Nasdem, yang kemudian berubah nama menjadi Muda-Mudi Ahok. Muda-Mudi Ahok bersinergi dengan Teman Ahok dalam pengumpulan sejuta KTP.

Teman Ahok harus memperhatikan UU No 8 Tahun 2015 dan Peraturan Komisi pemilihan Umum (PKPU) No 12 Tahun 2015 untuk memastikan semua KTP mereka lolos verifikasi. Sebanyak 50 persen KTP yang dikumpulkan harus merata di wilayah kabupaten atau kota. Domisili KTP tidak boleh berat di satu wilayah.

KTP yang sudah diterima oleh KPUD DKI akan diperiksa kesesuaian antara data pribadi di formulir dengan fotokopy KTP. KPUD akan melihat kesesuaian antara alamat pendukung Ahok dengan data daerah pemilihan yang dimiliki KPUD.

Jika verifikasi tersebut gagal atau tidak sesuai dengan data KPUD, maka dukungan tersebut dicoret dan tidak memenuhi syarat. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.