Jumat, 29 Maret 24

Breaking News
  • No items

Mantan Presiden Trump Siap Menyerah Setelah Dakwaan

Mantan Presiden Trump Siap Menyerah Setelah Dakwaan
* Donald Trump. (WSJ)

Para pejabat New York dan tim hukum Donald Trump mulai mempersiapkan mantan presiden itu untuk menyerahkan diri pada Selasa (4/4/2023), untuk menghadapi dakwaan atas perannya membayar uang suap kepada seorang bintang porno, ketika salah satu pengacara Trump melancarkan serangan publik terhadap dakwaan tersebut.

Dilansir BBC, dewan juri menyerahkan surat dakwaan, dicari oleh kantor Kejaksaan Distrik Manhattan Alvin Bragg , pada Kamis sore. Tuduhan itu tidak terbuka untuk umum dan diperkirakan akan tetap disegel sampai Trump tampil pertama kali di pengadilan, yang dijadwalkan pada pukul 14:15 pada hari Selasa. Dia pertama kali diharapkan untuk melapor ke kantor kejaksaan pagi itu, ketika dia akan ditangkap, diambil sidik jarinya dan difoto.

Sementara itu Voice of Amerika mewartakan, Setiap hari, ratusan orang ditahan oleh penegak hukum di New York City. Mantan Presiden Donald Trump akan menjadi salah satunya minggu depan.

Trump didakwa oleh dewan juri Manhattan dan dijadwalkan untuk diadili Selasa sore setelah penyelidikan atas pembayaran yang dilakukan selama kampanye presiden 2016 untuk membungkam klaim hubungan seksual di luar nikah. Surat dakwaan itu sendiri masih disegel untuk saat ini dalam kasus kriminal pertama yang diajukan terhadap mantan presiden AS.

Trump – seorang Republikan yang menyerang kasus tersebut Kamis sebagai “penganiayaan politik” jaksa Demokrat terhadap “orang yang sama sekali tidak bersalah” – diperkirakan akan menyerahkan diri kepada pihak berwenang minggu depan, menurut tiga orang yang mengetahui masalah tersebut tetapi tidak berwenang untuk membahasnya. di depan umum. Orang-orang mengatakan rincian penyerahan masih dikerjakan.

Kantor Kejaksaan Distrik Manhattan Alvin Bragg mengatakan telah menghubungi pengacara Trump untuk mengoordinasikan penyerahan dan dakwaannya.

Untuk setiap terdakwa New York, miskin atau berkuasa, menjawab tuntutan pidana berarti diambil sidik jari dan difoto, mengajukan pertanyaan dasar seperti nama dan tanggal lahir, dan diadili. Semua mengatakan, terdakwa biasanya ditahan setidaknya selama beberapa jam.

Mungkin ada perbedaan di mana langkah-langkah yang berbeda terjadi, berapa lama waktu yang dibutuhkan, apakah borgol keluar dan detail lainnya. Banyak tergantung pada beratnya kasus dan apakah terdakwa mengatur untuk menyerahkan diri.

Tapi tidak ada pedoman untuk memesan mantan presiden dengan perlindungan Dinas Rahasia AS. Agen ditugaskan untuk melindungi mantan presiden kecuali dan sampai mereka mengatakan bahwa mereka tidak membutuhkannya. Trump telah menyimpan detailnya, jadi agen harus selalu berada di sisinya setiap saat.

“Ini akan menjadi pengecualian yang unik,” kata Jeremy Saland, seorang pengacara pembela dan mantan jaksa di Manhattan.

Saat Trump menyerahkan diri, perkirakan proses dan pembebasan yang dirancang dengan hati-hati dan relatif cepat tanpa jaminan (seperti yang biasa terjadi di New York) — dan dengan fokus pada keamanan. Seorang mantan presiden tidak mungkin diarak dengan borgol melintasi trotoar atau melalui lorong gedung pengadilan yang ramai, prediksi Saland.

“Ini forum publik, tapi keamanan juga penting,” catatnya.

Jika terdakwa diberitahu tentang dakwaan atau penangkapan yang akan datang, mereka sering mengatur untuk menyerahkan diri. Hal itu dapat memperlancar proses dan memperkuat argumen untuk jaminan dengan menunjukkan bahwa mereka tidak menghindari kasus tersebut.

Misalnya, ketika mantan kepala keuangan perusahaan Trump, Allen Weisselberg, didakwa di Manhattan atas tuduhan penipuan pajak pada tahun 2021, dia dapat menyerahkan diri di pintu samping gedung pengadilan sebelum jam kerja normal.

Tujuannya adalah “untuk mengurangi kemungkinan bahwa penyerahan itu akan menjadi hiruk-pikuk media,” tulis pengacaranya dalam pengajuan pengadilan berikutnya.

Weisselberg tiba sekitar pukul 6:15 pagi dan dibawa ke tempat yang digambarkan oleh pengacaranya sebagai “ruang penahanan” untuk pemesanan, wawancara tentang kemungkinan pembebasan, dan prosedur lainnya. Untuk menghabiskan waktu, dia membawakan sebuah buku— Chicken Soup for the Baseball Fan’s Soul —dan pengacaranya memberinya makanan ringan, masker wajah, permen penyegar napas, dan barang-barang lainnya, menurut pengarsipan.

Weisselberg didakwa dan dibebaskan sekitar delapan jam kemudian, setelah dibawa ke ruang sidang melewati barisan kamera berita di lorong. (Weisselberg akhirnya mengaku bersalah karena menghindari pajak atas tunjangan pekerjaan termasuk apartemen gratis dan uang sekolah untuk cucunya.)

Mogul film tercela Harvey Weinstein, di sisi lain, menyerahkan diri di kantor polisi Manhattan pada tahun 2018 untuk menghadapi tuduhan pemerkosaan dan tindakan kriminal seks. Dia sebentar berada di sel stasiun, membolak-balik biografi sutradara film terkenal Elia Kazan, sebelum dibawa keluar dengan borgol dan dibawa ke pengadilan di bawah tatapan wartawan di trotoar – dan tersangka lainnya di area pemesanan gedung pengadilan, di mana beberapa berteriak , “Yo, Harvey!”

Dalam waktu sekitar tiga jam setelah penyerahannya, Weinstein diadili dan dibebaskan dengan pemantauan elektronik dan jaminan $1 juta. (Weinstein akhirnya dihukum; bandingnya sekarang di hadapan pengadilan tertinggi New York. Dia juga dihukum atas tuduhan serupa di Los Angeles.)

Tetapi bahkan penangkapan yang dijadwalkan tetap merupakan penangkapan. Terdakwa harus menyerahkan ponsel dan beberapa barang pribadi lainnya untuk disimpan (dan, dalam beberapa kasus, bukti potensial), dan pengacara biasanya tidak diizinkan menemani klien mereka melalui proses tersebut. Pengacara sering menyarankan bepergian dengan ringan dan tetap bungkam.

“Jangan membuat pernyataan apa pun. Karena Anda pikir Anda membantu situasi Anda, tetapi mereka hanya dapat menggunakan pernyataan Anda untuk melawan Anda – karena Anda terjebak pada saat itu, Anda menjadi gugup,” kata Gianni Karmily, seorang pengacara pembela yang praktek di New York City dan di Long Island.

Banyak penangkapan di New York City tidak direncanakan sebelumnya. Itu bisa menjadi pengalaman yang sangat berbeda bagi para terdakwa, bahkan yang terkemuka sekalipun.

Ketika seorang pengurus hotel menuduh kepala Dana Moneter Internasional dan calon calon presiden Prancis Dominique Strauss-Kahn melakukan pelecehan seksual terhadapnya pada tahun 2011, dia ditarik dari pesawat di Bandara Kennedy.

Strauss-Kahn, yang mengatakan bahwa pertemuannya dengan wanita itu adalah suka sama suka, menghabiskan sekitar 36 jam untuk diinterogasi, ditangkap, menjalani berbagai ujian dan menunggu di tempat seperti gedung pengadilan sambil memegang pena sebelum diadili dan dipenjara tanpa jaminan. Setelah beberapa hari di penjara Rikers Island yang terkenal di kota itu, Strauss-Kahn diizinkan keluar dengan jaminan $1 juta, di bawah tahanan rumah dengan penjaga bersenjata.

Jaksa Manhattan akhirnya membatalkan kasus pidana terhadap Strauss-Kahn, yang kemudian menyelesaikan gugatan perdata yang diajukan oleh penuduhnya. (Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.