Minggu, 24 Oktober 21

Mantan Ketua PA Maninjau Divonis Penjara

Mantan Ketua PA Maninjau Divonis Penjara
* Syamri Adnan, mantan Ketua Pengadilan Agama Maninjau, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar).

Padang, Obsessionnews – Mantan Ketua Pengadilan Agama (PA) Maninjau, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), Syamri Adnan, diganjar hukuman dua tahun dan enam bulan kurungan penjara. Hukuman dijatuhkan majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Padang.

Terdakwa juga didenda Rp 50 juta dan subsider 2 bulan kurungan penjara. Selain itu diwajibkan membayar uang pengganti sebesar Rp 32 juta dan subsider 4 bulan penjara.

Menanggapi hal tersebut, terdakwa yang didampingi penasihat hukum (PH), Djarnel dan S Darmen, langsung mengajukan banding.

Sama halnya dengan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Rusmin. Ia bersama timnya juga mengajukan banding.

Sebelumnya JPU menuntut terdakwa Syamri Adnan dengan hukum pidana selama 6 tahun kurungan penjara dan denda Rp 200 juta serta subsider selama 6 bulan kurungan penjara. Tak hanya itu terdakwa juga dikenakan membayar uang pengganti sebesar Rp 92.105 juta dan subsider 2 bulan penjara.

Dalam dakwaan disebutkan bahwa, pada tahun 2007 lalu, terdakwa saat itu menjabat sebagai Pengguna Anggaran (PA) dalam pengadaan tanah seluas 4.392 m2 untuk membangun kantor PA di Maninjau Jorong Padang, Gelanggang Nagari Matua Mudiak, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam.

Diduga dalam pengerjaan tersebut telah terjadi mark up harga pengadaan tanah, dengan cara merekayasa dokumen yang terkait hak atas tanah dan pembayaran harga. Perbuatan itu bertentang dengan undang-undang yang berlaku. (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.