Kamis, 7 Juli 22

Mantan Dirut IM2 Divonis 4 Tahun

Mantan Dirut IM2 Divonis 4 Tahun

Hasan S

Jakarta РPengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta  menjatuhkan putusan empat tahun penjara dan denda Rp 200 juta terhadap mantan Direktur Utama PT Indosat Mega Media (IM2) Indar Atmanto. Majelis hakim menilai Indar terbukti bersalah dalam perkara korupsi penyalahgunaan perjanjian penggunaan jaringan 3G milik PT Indosat oleh PT IM2.

“Oleh karena itu, menjatuhkan putusan terhadap Indar Atmanto dengan pidana penjara empat tahun,” kata Hakim Antonius saat membacakan amar putusan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Senin (8/7/2013).

Dalam amar putusannya, majelis hakim juga menghukum PT Indosat dan PT IM2 membayar uang pengganti kepada negara sebesar Rp 1,358 triliun. “Hal-hal memberatkan Indar adalah dia tidak mengakui perbuatannya dan akibat perbuatannya mengakibatkan kerugian negara yang cukup besar,” kata hakim.

Menanggapi putusan itu, Indar Atmanto mengaku keberatan namun dia belum memutuskan apakah akan mengajukan upaya hukum. “Ya saya keberatan,” kata Indar.

Sebelumnya Indar dituntut 10 tahun penjara dan denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan. Perbuatan pidana Indar dinilai melanggar Pasal 2 ayat 1 UU Pemberantasan Korupsi. Dia dinilai terlibat dalam perkara ini karena menandatangani kerjasama penggunaan bersama frekuensi 2,1 GHz untuk akses internet broadband melalui jaringan 3G/HSDPA.

Kasus ini dianggap merugikan keuangan negara karena IM2 menurut jaksa tidak membayar up font fee yakni penggunaan pita spektrum frekuensi radio dan biaya hak penggunaan (BHP) pita frekuensi radio sebesar Rp 1,358 triliun.

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.