Jumat, 24 September 21

Mangkir, Riza Chalid Bisa Dipanggil Paksa

Mangkir, Riza Chalid Bisa Dipanggil Paksa
* Riza Chalid.

Jakarta, Obsessionnews – Pengusaha tambang Riza Chalid mangkir dari panggilan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD), untuk dimintai keterangan terkait kasus pelanggaran kode etik Ketua DPR RI Setya Novanto yang mencatut nama Presiden Joko Widodo kepada PT Freeport.

Riza Calid mestinya wajib memberikan kesaksian di MKD bersama Presiden Direktur PT Freeport Maroef Sjamsoeddin pada Kamis (3/12/2015). Namun, hingga Kamis malam, hanya Maroef yang hadir memenuhi panggilan MKD. Sementara Riza, tidak memberi konfirmasi ketidakhadiranya.

Wakil Ketua MKD, Junimart Girsang mengatakan, bila Riza tidak mengindahkan panggilan MKD, maka Riza bisa dipanggil secara paksa. ‎”Kita punya kewenangan untuk memanggil paksa,” ungkapnya di DPR, Kamis.

Junimart mengaku tidak tahu apa alasan Riza tidak mau hadir menjalani pemeriksaan. Padahal kata dia, ‎keterangan Riza sangat diperlukan untuk mengorek lebih dalam laporan Sudirman Said yang menyebut ada pencatutan nama Presiden Jokowi.

“Kita butuh konfirmasi tentang kebenaran laporan Sudirman Said,” jelasnya.

Politisi PDI-Perjuangan ini pun menegaskan, apabila Riza tetap mengabaikan panggilan MKD, maka pihaknya diberi kewenangan untuk menjemput paksa Riza dengan meminta bantuan Polisi dan interpol. “Itu diatur dalam tata cara persidangan,” tandasnya. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.