Senin, 17 Januari 22

Manfaat Tidur Telanjang Bagi Kesehatan Reproduksi

Manfaat Tidur Telanjang Bagi Kesehatan Reproduksi
* Ilustrasi tidur tanpa buisana. (shutterstock.com)

Kualitas tidur sangat penting bagi kesehatan. Tubuh dan pikiran yang rileks didapatkan jika kamu memiliki kualitas tidur yang baik. Banyak faktor yang bisa membantu seseorang mendapatkan kualitas tidur yang baik. Salah satunya dengan tidur telanjang.

Kamu akan mendapatkan manfaat kesehatan yang banyak dengan kebiasaan tidur tanpa pakaian. Dr. Travis Bradberry, penulis Emotional intelligence 2.0 mencatat bahwa kamu dapat mengurangi stres, meningkatkan metabolisme, dan meningkatkan kepercayaan diri hanya dengan tidur telanjang. Lebih lanjut hal ini juga akan meningkatkan kehidupan seks serta kualitas kulit kamu.

Bahkan wanita dianjurkan untuk tidur telanjang karena bisa mencegah pertumbuhan bakteri pada vagina dan jamur dengan mengeringkan bintik-bintik di mana kamu berkeringat selama tidur. Manfaat tidur telanjang juga baik untuk berat badan karena dapat menyeimbangkan kadar kortisol yang akan membantu kamu menurunkan berat badan.

Dilansir dream.co.id hasil rangkuman dari berbagai sumber, berikut ini adalah manfaat tidur telanjang untuk kesehatan tubuh.

1. Tidur Lebih Nyenyak
Manfaat tidur telanjang yang pertama adalah kamu bisa mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Sebab saat tidur telanjang kamu bisa tidur lebih nyenyak. Pakaian yang kamu kenakan saat tidur dengan bahan tertentu dapat mengganggu kualitas tidurmu.

Apalagi bahan pakaian yang dikenakan panas, maka hal itu bisa mengganggumu karena sulit tidur dengan nyenyak. Maka kamu bisa mencegah gangguan ini dengan tidur tanpa pakaian sehingga bisa tidur lebih nyenyak.

2. Melatonin dan Hormon Pertumbuhan Seimbang
Manfaat tidur telanjang akan meningkatkan pelepasan melatonin dan hormon pertumbuhan yang penting bagi kesehatan kamu. Kedua hormon tersebut memiliki manfaat untuk membuatmu awet muda.

3. Kadar Kortisol Seimbang
Hormon kortisol akan meningkat jika tubuhmu mengalami kepanasan saat tidur. Padahal hormon kortisol sangatlah buruk bagi tubuhmu, lho.

Maka dari itu, untuk mengatur kortisol kamu perlu menjaga suhu tubuh pada kisaran normal, dan cara terbaik untuk mencapainya adalah dengan tidur telanjang. Langkah ini akan membantumu menurunkan berat badan dengan mengurangi keinginan makan dan kecemasan.

4. Meningkatkan Keintiman dengan Pasangan
Manfaat tidur telanjang juga berpengaruh pada keintiman bersama pasanganmu. Kontak kulit ke kulit akan melepaskan hormon oksitosin, yang meningkatkan rasa saling percaya, meningkatkan ketenangan dengan menurunkan detak jantung.

5. Kualitas Tidur Lebih Baik
Manfaat tidur telanjang yang juga perlu kamu ketahui adalah kualitas tidur menjadi lebih baik. Saat tidur telanjang, kulit bisa bernapas lega tanpa terhalang oleh kain bajumu. Hal ini dapat menurunkan risiko beberapa penyakit kulit.

Bahkan alat kelaminmu juga akan terbebas dari keringat sehingga menurunkan risiko infeksi jamur dan bakteri pada alat kelamin. Hal ini berpengaruh pada kesehatan seksual kamu menjadi lebih baik.

6. Jaga Kesehatan Vagina
Manfaat tidur telanjang juga merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan kesehatan vagina. Sebab vagina akan terhindar dari infeksi jamur yang disebabkan oleh penumpukan keringat selama tidur.

Sebab, pakaian dalam yang ketat atau berkeringat sangat berisiko menyebabkan nfeksi jamur pada vagina. Apalagi jamur suka tumbuh di tempat yang hangat dan lembab. Sehingga tidur telanjang adalah cara mudah untuk mengeluarkan udara di sekitar vagina dan menjaganya agar tetap sehat.

7. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung dan Diabetes Tipe 2
Manfaat tidur telanjang untuk kesehatan selanjutnya adalah mampu menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes tip-2.

Alasannya, jika tidak cukup tidur di malam hari seseorang bisa berisiko terkena diabetes atau penyakit jantung. Penelitian pada tahun 2010, data dari 1.455 responden selama enam tahun, peneliti menemukan hubungan antara durasi tidur yang lebih rendah dan peningkatan risiko diabetes, yang pada gilirannya dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Karena manfaat tidur telanjang dapat membuatmu tidur nyenyak, maka risiko penyakit tersebut pun tentu akan berkurang.

8. Bikin Awet Muda
Kualitas tidur yang baik bisa membuat tubuh sehat dan bikin awet muda. Suhu udara yang cocok untuk tidur nyenyak adalah di bawah 21 derajat celcius. Suhu yang lebih dari itu akan mengganggu produksi hormon anti-penuaan yang bekerja memperbaiki setiap kerusakan dalam tubuh. Dengan memperbaiki sel-sel tubuh, hormon ini membantu untuk mengeringkan luka, bintik-bintik, dan bahkan keriput di kulit.

Saat kamu tidur dalam gelap, melatonin dilepaskan dan memicu pendinginan suhu inti tubuh. Sementara suhu tubuh menurun, hormon anti-aging dilepaskan dan memamerkan keajaiban regeneratifnya. Jika kamu tidur menggunakan pakaian lengkap, tentu proses ini akan sedikit terhambat oleh kehadiran panas tambahan yang menyelimuti tubuh kamu.

9. Meningkatkan Kualitas Sperma
Manfaat tidur telanjang juga sangat baik bagi para pria. Sebab dengan tidur tanpa busana bisa meningkatkan kualitas sperma.

Penelitian dari National Institute of Child Health and Human Development, Maryland, and Stanford University, menunjukkan pria yang tidur mengenakan celana dalam atau boxer berisiko mengalami kerusakan DNA sperma yang bisa membahayakan peluang memiliki anak. Selain itu, peningkatan suhu tubuh juga meningkatkan suhu di testis yang menyebabkan penurunan kualitas sperma.

Dari penelitian itu, manfaat tidur telanjang di malam hari diketahui dapat meningkatkan kualitas sperma hingga 25%. Sesekali “ mengangin-anginkan” kelamin, terutama saat tidur, adalah hal yang baik untuk dilakukan untuk mencegah iritasi, infeksi jamur, dan gatal-gatal pada kulit penis.

10. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Manfaat tidur telanjang yang tak kalah penting adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Tubuh yang kepanasan selama tidur membuat hormon stres (kortisol) tetap tinggi. Hormon kortisol yang tinggi bisa melemahkan sistem imun tubuh, meningkatkan tekanan darah dan kolesterol, menambah nafsu makan, menurunkan libido, dan mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh.

Tidur sendiri telah dipercaya sebagai obat mujarab dari banyak kondisi karena saat tidur tubuh mendorong pelepasan hormon pertumbuhan.

Dalam penelitian yang diterbitkan di jurnal Sleep, hormon pertumbuhan yang dilepaskan saat tidur malam yang nyenyak akan meningkatkan performa olahraga dan menurunkan tekanan darah hingga 20-30%, baik bagi mereka yang punya tekanan darah normal maupun tinggi.

Selain itu, para peneliti di Warwick University juga menemukan, kurang tidur (kurang dari enam jam semalam) terkait dengan peningkatan risiko diabetes dan penyakit jantung hingga tiga kali lipat.

11. Melancarkan Metabolisme Tubuh
Ternyata tidur menggunakan piayama memiliki kekurangan. Salah satunya, memperlambat metabolisme tubuh.

Untuk memperlancar metabolisme, kamu bisa mulai dengan tidur tanpa busana yang bisa membakar kalori dengan mudah. Saat tubuhmu kedinginan, akan akan bereaksi dengan meningkatkan suhu tubuh dan membuat lemak pada tubuhmu terbakar. (Dream/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.