Rabu, 3 Juni 20

Manfaat Sholat Tahajud Sangat Dahsyat Bagi Kesehatan

Manfaat Sholat Tahajud Sangat Dahsyat Bagi Kesehatan
* ilustrasi - berdoa di sela-sela sholat

Manfaat sholat Tahajud sangat dahsyat bagi kesehatan, namun jarang diketahui umat Islam. Manfaat sholat Tahajud mulai dari mengobat diabetes hingga meningkatkan kekebalan tubuh

Meski memiliki banyak manfaat yang dahsyat bagi fisik dan mental, sholat Tahajud sedikit sekali peminatnya. Banyak umat Islam yang merasa malas untuk mengerjakan sholat Tahajud ini.

Sholat Tahajud adalah sholat sunnah muakkad atau sangat dianjurkan. Sholat Tahajud ini memiliki keutamaan di dalam ajaran Islam. Sebab, waktu sepertiga malam yang dianjurkan untuk melaksanakan sholat Tahajud, dianggap sebagai waktu di mana para malaikat turun ke Bumi.

Pada sepertiga malam terakhir ini pula, Allah SWT berjanji akan mengabulkan doa yang dipanjatkan oleh hamba-Nya.

Tata cara sholat Tahajud sebenarnya sama dengan sholat pada umumnya. Hanya saja, dalam tata cara sholat Tahajud ini dibutuhkan kesungguhan.

Masalahnya, sholat Tahajud dikerjakan pada waktu malam hari. Sementara sebagian dari kita mungkin susah untuk bangun dan melaksanakan sholat Tahajud.

Jika rajin mengerjakannya akan mendapatkan banyak sekali manfaat sholat Tahajud tersebut.

Manfaat sholat Tahajud ini bahkan banyak diungkapkan dalam Alquran dan hadis. Melihat begitu dahsyatnya manfaat sholat Tahajud tersebut, maka sudah seharusnya umat Islam mempelajari tata cara sholat Tahajud ini.

Selain itu, Rasulullah SAW tak pernah meninggalkannya karena beliau tahu manfaat sholat Tahajud yang sangat dahsyat dalam kehidupan sehari-hari.

Beberapa manfaat sholat Tahajud bagi umat Islam ini di antaranya adalah mengabulkan doa-doa dan pembuka pintu rejeki. Tidak itu saja, manfaat sholat Tahajud ini juga untuk kesehatan tubuh.

Dirangkum dari berbagai sumber, manfaat dahsyat sholat Tahajud bagi kesehatan yang jarang diketahui umat Islam adalah berikut :

1. Mengontrol Emosi
Manfaat sholat Tahajud berikutnya adalah untuk mengontrol emosi. Kortisol yang tidak menurun dapat merangsang depresi yang berlebihan. Maka dianjurkan untuk sholat Tahajud. Karena di waktu inilah kortisol akan menurun sehingga seseorang menjadi lebih tenang. Ketenangan tersebut tidak akan membuat seseorang mudah stres dan tidak tertekan dengan segala permasalahan yang dapat mengganggu kesehatan.

2. Mengatasi Diabetes
Menurut beberapa penelitian disebutkan bahwa sholat Tahajud menyebabkan kandungan kortisol dalam tubuh menjadi rendah. Kortisol memiliki manfaat untuk meningkatkan kandungan gula darah dengan cara merangsang metabolisme karbohidrat. Apabila kortisol ini bertambah maka kandungan gula darah dalam tubuh pun akan naik.

3. Mencegah Pembengkakan Jantung dan Gagal Ginjal
Manfaat sholat Tahajud bagi kesehatan berikutnya adalah mencegah pembengkakan jantung dan gagal ginjal. Sholat Tahajud dianjurkan bagi yang menderita pembengkakan jantung dan gagal ginjal. Seperti diabetes, sholat Tahajud dapat mengurangi kortisol. Ketika kortisol ini berkurang, maka tidak akan terjadi pembengkakan jantung, dan pembuangan urine pun akan semakin mudah.

4. Kemoterapi Kanker Tanpa Efek Samping
Manfaat sholat Tahajud selanjuntnya adalah sebagai kemoterapi kanker yang tidak memiliki efek samping. Menderita kanker tentu bukanlah hal yang diharapkan oleh semua orang. Tetapi, bagi yang mengidap penyakit kanker harus menjalani serangkaian pengobatan kemoterapi. Nah, manfaat sholat Tahajud salah satunya adalah sebagai kemoterapi penyakit kanker

5. Mencegah Penyakit Hipertensi dan Hipotensi
Manfaat sholat Tahajud juga penting bagi otak manusia. Pada waktu sepertiga malam otak manusia akan melepaskan serotonin, beta endorsin, dan melatonin. Lepasnya ketiga zat tersebut akan membuat seseorang merasa lebih tenang sampai homeostasis terbangun.

Namun, apabila homeostasis terganggu, orang tersebut akan mudah mengalami pusing dan bisa mengakibatkan hipertensi, hipotensi, tekanan darah rendah.

Untuk itu, Sholat Tahajud dapat dijalani dengan kondisi senyaman mungkin. Tidak hanya itu saja, keseimbangan tubuh juga akan lebih terbangun dan membuat peluang hipertensi maupun hipotensi menurun.

6. Terhindar dari Infeksi Pernapasan
Manfaat sholat Tahajud bagi kesehatan berikutnya adalah terhindar dari infeksi pernapasan. Sholat Tahajud baik untuk pernapasan. Karena sholat Tahajud menjadi terapi yang sangat baik untuk menyembuhkan dan mencegah infeksi pernapasan.

7. Melancarkan Aliran Darah
Manfaat sholat Tahajud bagi kesehatan selanjuntnya adalah melancarkan aliran darah dalam tubuh. Seperti diketahui bahwa sholat Tahajud dilakukan pada 1/3 malam yaitu sekitar pukul 3 pagi. Pada waktu tersebut, udara belum tercemar yang dapat menyehatkan paru-paru, melancarkan peredaran darah, serta menyehatkan tubuh.

Selain itu, dengan mengerjakan sholat Tahajud sama saja dengan senam di pagi hari. Di saat itu seluruh otot tubuh bergerak sehingga aliran darah menjadi lebih lancar.

8. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Manfaat sholat Tahajud bagi kesehatan adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan juga mengusir semua penyakit. Jika sering mengerjakan sholat malam itu akan membuat kekebalan tubuh semakin kuat. Seorang profesor telah melakukan kajian tentang hal ini. Profesor Dr. Mohammad Shaleh yang melakukan penelitian sholat malam ini menyebutkan mengerjakan sholat malam ini sangatlah menguntungkan bagi kesehatan.

9. Muka Nampak Bercahaya
Rajin sholat Tahajud membuat muka nampak bercahaya. Hal ini diungkapkan oleh Hasan Al Basri yang ditanya oleh seseorang tentang kenapa muka orang yang sering sholat Tahajud memiliki muka yang bagus.

” Karena mereka menyendiri bersama Tuhan-nya pada malam hari, kemudian Allah memberikan mereka sebagian dari cahaya-Nya.” (Al-Maqrizi, Mukhtazar Qiyaamallail)

Demikian manfaat dahsyat sholat Tahajud bagi kesehatan yang jarang diketahui umat Islam. Semoga informasi ini berguna. (*)

Dirangkum dari berbagai sumber.

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.