Minggu, 29 Mei 22

Manfaat Nanas untuk Kecantikan Wajah

Manfaat Nanas untuk Kecantikan Wajah
* Ilustrasi nanas untuk kecantikan. (Foto: iStock)

Buah nanas sangat cocok dikonsumsi saat cuaca terik di siang hari. Buah yang satu ini bisa menyegarkan dan membuat tubuh kembali bernergi. Mengonsumi nanas bisa dengan langsung menyantap buahnya atau bisa diolah menjadi rujak, jus, hingga es buah.

Tak hanya menyegarkan dan membantu melepas dahaga, manfaat buah nanas juga sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Hal ini lantaran buah nanas mengandung protein, serat, vitamin C, mangan, vitamin B6, thiamin, asam pantotenat, zat besi, asam folat, kalium, magnesium, niacin, riboflavin, dan lainnya.

Lalu apa sebenarnya manfaat nanas untuk kecantikan kulit? Kali ini Dream merangkum dari berbagai sumber tentang manfaat nanas untuk kecantikan yang sayang untuk dilewatkan. Karena bisa membuat kulitmu menjadi cerah alami.

1. Melembapkan Kulit Wajah
Kulit wajah yang lembap adalah dambaan bagi semua orang, terutama bagi orang yang memiliki kulit kering. Kulit lembap membuat wajah terlihat sehat dan tidak kusam.

Keutaman dan Adab-adab Berdoa yang Wajib Diperhatikan Umat Islam
Selain menggunakan berbagai skincare yang melembapkan kulit, Sahabat Dream juga bisa melembapkan kulit secara alami dari dalam dengan mengonsumsi buah nanas. Manfaat nanas dipercaya bisa membuat kulit lebih lembap. Hal ini karena kandungan vitamin C yang banyak pada buah nanas, sehingga baik untuk menjaga kesehatan kulit.

2. Mencerahkan Kulit
Manfaat nanas untuk kecantikan kulit yang selanjutnya adalah bisa mencerahkan wajah secara alami. Lagi-lagi hal ini karena kandungan vitamin C di dalamnya. Per 100 gram buah nanas mengandung 47,8 mg vitamin C yang mampi mencerahkan kulit dari dalam. Sehingga mengonsumsi buah nanas adalah solusi untuk mencerahkan kulit secara alami.

3. Cegah Timbulnya Jerawat
Masalah jerawat paling umum dialami oleh setiap pria maupun wanita. Persoalan kulit yang satu ini terkenal sangat sulit diatasi, bahkan sampai membutuhkan perawatan khusus dari dokter kulit.

Ternyata mengatasi masalah jerawat bisa dilakukan dengan rutin mengonsumsi buah nanas. Rutin mengonsumsi buah nanas bisa mencegah munculnya jerawat.

Kandungan enzim bromelain pada nanas berfungsi membuat kulit menjadi bersih dan menghilangkan sisa kotoran yang tersumbat di dalam pori-pori wajah. Kamu juga menggunakan nanas sebagai masker wajah, lho.

4. Menghilangkan Bintik dan Flek Hitam
Manfaat nanas untuk kecantikan yang selanjutnya adalah menghilangkan bintik dan flek hitam. Keduanya merupakan masalah yang sangat mengganggu penampilan. Bintik hitam biasanya disebabkan bekas jerawat atau siklus menstruasi yang tidak lancar karena darah kotor yang tidak dikeluarkan tubuh.

Mengonsumsi nanas bisa membantu membersihkan bintik hitam di wajah. Kandungan antioksidan pada nanas mampu mengeluarkan sisa-sisa racun dalam tubuh sehingga metabolisme tubuh kembali lancar.

5. Mengatasi Peradangan Kulit Wajah
Manfaat nanas untuk kecantikan yang tak kalah penting adalah mampu mengatasi peradangan pada kulit wajah. Alergi pada kulit wajah bisa saja terjadi bagi sebagian orang yang menyebabkan peradangan. Peradangan kulit umumnya ditandai dengan muncul kemerahan dan terasa panas atau gatal sampai munculnya jerawat yang besar-besar dan banyak.

Masalah peradangan pada kulit itu bisa diatasi dengan nanas yang sudah dihaluskan. Kemudian aplikasikan pada area kulit yang mengalami peradangan.

6. Mengecilkan Pori-pori
Pori-pori besar merupakan masalah kulit yang bisa mengundang berbagai dampak buruk lainnya, seperti jerawat. Hal ini karena wajah dengan pori-pori yang membesar bisa menjadi sarang kotoran dan polusi. Jika memiliki pori-pori yang besar kamu bisa mengandalkan nanas sebagai obat alami untuk mengatasinya.

Cukup tempelkan potongan buah nanas pada kulit wajah yang bermasalah dengan pori-pori. Lakukan hal ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksilam. Semakin lama, pori-pori akan semakin mengecil dengan alami.

7. Melembapkan Bibir
Bibir kering dan pecah-pecah adalah tanda bibir yang tidak sehat. Bibir yang sehat memiliki ciri-ciri warna merah dan tidak pecah-pecah serta kering. Jika kamu mengalami masalah bibir kering dan pecah-pecah, kamu bisa menggunakan nanas untuk mengatasinya. Kandungan vitamin C dan air yang tinggi pada nanas bisa menjaga bibir tetap lembap dan tidak kering.

8. Menghaluskan Kulit
Manfaat nanas untuk kecantikan yang sayang untuk dilewatkan adalah bisa menghaluskan kulit. Rutin mengonsumsi nanas dengan jumlah yang cukup bisa membantu membuat kulit lebih halus dan cerah alami. Tak hanya untuk dikonsumsi, kamu juga bisa mengaplikasikannya sebagai masker buah.

9. Kulit Semakin Glowing
Memiliki kulit wajah yang kencang dan glowing sangat didambakan oleh setiap wanita. Kamu bisa mendapatkan semua itu jika rutin mengonsumsi buah nanas dalam jumlah cukup. Hal ini tidaklah mustahil, karena kandungan vitamin C pada nanas yang tinggi bisa membuat kulit lebih sehat, kencang dan kinclong.

Itulah manfaat nanas untuk kecantikan kulit wajah yang penting untuk diperhatikan. Cara-cara mendapatkan kulit wajah yang sehat tidak melulu dengan bahan-bahan kimia, namun bisa dilakukan dengan bahan alami. Penggunaan bahan alami tentu tidak banyak menimbulkan efek samping bagi tubuh. (Dream/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.