Sabtu, 2 Juli 22

Manfaat Menikah dengan Sahabat Sendiri

Manfaat Menikah dengan Sahabat Sendiri
* Ilustrasi pernikahan. (Instagram.com/ugurtekdal_sanatpare)

Ternyata, menikah dengan sahabat sendiri memiliki banyak manfaat. Misalnya,  aktris sekaligus penyanyi, Maudy Ayunda resmi menikah pada Minggu (22/5/2022), dengan teman kuliahnya, Jesse Choi.

Keduanya diketahui bersahabat sejak mengenyam pendidikan di Stanford University, Amerika Serikat.

Maudy Ayunda resmi menikah dengan teman kuliahnya, Jesse Choi. Ditinjau dari sisi psikologis, apakah pernikahan dengan sahabat bisa membawa banyak manfaat? Berikut ini penjelasannya.

Ada penelitian yang menyebut bahwa menikah dengan sahabat sendiri bisa meningkatkan kebahagiaan berkali lipat.

Selain itu, memilih sahabat menjadi pasangan hidup juga berpotensi membuat pernikahan menjadi lebih langgeng.

Tentu saja, manfaat memilih sahabat jadi pasangan hidup tidak hanya itu. Ada pula manfaat-manfaat psikologis lain yang bisa dirasakan. Apa saja?

1. Meningkatkan Kesejahteraan Emosional
Sebuah riset yang digagas National Bureau of Economic Research, Kanada, menemukan bahwa kebahagiaan pernikahan bisa meningkat berkali lipat. Hal ini jika suami-istri menganggap pasangannya sebagai sahabat.

Berdasarkan Psych Central, sahabat adalah orang yang Anda senangi dan membantu menikmati suka maupun duka dalam menjalani hidup.

Penelitian menemukan bahwa menikah dengan sahabat bisa meningkatkan kesejahteraan emosional 2 kali lipat.

Menurut Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog, hal itu karena rasa persahabatan bisa menimbulkan semangat positif dalam menjalani kehidupan pernikahan sehari-hari.

2. Komunikasi Lebih Terbuka
Menurut riset University of Washington, Amerika Serikat, hubungan persahabatan 5 kali lebih penting daripada hubungan seksual sebagai pondasi untuk mempertahankan rumah tangga yang sehat.

Hubungan persahabatan dapat membantu pasangan suami-istri (pasutri) untuk saling terbuka satu sama lain. Pasutri jadi merasa lebih aman untuk saling jujur, tanpa khawatir dihakimi sepihak

Komunikasi yang jujur dan terbuka merupakan kunci mengarungi pasang-surut bahtera rumah tangga.

3. Hubungan Makin Romantis
Peneliti dari National Bureau of Economic Research, Shawn Grover, mengungkapkan bahwa pasangan suami-istri bisa memperoleh banyak manfaat pernikahan, khususnya jika kedua pihak mengedepankan unsur persahabatan daripada nafsu seksual semata.

Salah satu manfaat tersebut, ditambahkan Ikhsan Bella, adalah meningkatkan rasa saling memiliki dengan pasangan.

“Banyak yang setelah menikah fokusnya pada intimasi seksual. Padahal, sebenarnya, mengembangkan rasa persahabatan di pernikahan bisa mengembangkan intimasi dan afeksi yang lebih dalam,” kata Ikhsan.

Intimasi dan afeksi yang dimaksud, seperti saling memperhatikan kebutuhan satu sama lain, bertoleransi dengan perilaku pasangan, maupun mendampingi belahan jiwa dalam situasi apa pun.

Pada gilirannya, sederet hal tersebut bisa bikin hubungan Anda dan pasangan semakin romantis.

4. Mengurangi Stres
Menurut studi dalam Journal of Epidemiology & Community Health, rasa saling percaya dalam sebuah hubungan, termasuk pernikahan, bermanfaat meningkatkan kualitas hidup seseorang.

Salah satu manfaat positif dari peningkatan kualitas hidup tersebut adalah mengurangi risiko depresi.

Menurut Shawn Grover, ketika memasuki usia tua, manusia lebih berisiko mengalami stres. Kondisi ini bisa disebabkan oleh beragam faktor, termasuk rasa kesepian.

Nah, kesepian itu sendiri terjadi karena satu per satu keluarga maupun teman dekat meninggal dunia.

Menurut Ikhsan Bella, manfaat menumbuhkan persahabatan dalam pernikahan bisa membantu mengurangi kesepian yang dirasakan pasangan. Alhasil, stres dan depresi di usia senja dapat dikurangi.

5. Pernikahan Berpotensi Lebih Langgeng
Manfaat menikah dengan sahabat juga dapat membuat rumah tangga lebih langgeng.

Menurut pakar hubungan sekaligus profesor di University of Washington, John Gottman, hal itu karena persahabatan merupakan pondasi pernikahan yang bahagia, sehat, dan sejahtera.

“Penelitian telah menunjukkan bahwa persahabatan dapat meningkatkan kepuasan fisik dan emosional secara menyeluruh dalam pernikahan,” paparnya.

Menikah dengan sahabat bisa memberikan banyak manfaat bagi Anda dan pasangan. Namun, perlu diingat, hubungan persahabatan dalam pernikahan harus terus dipupuk dan dilestarikan.

Karena itu, bina persahabatan dengan pasangan Anda dengan banyak menghabiskan waktu bersama, saling berkata jujur dan terbuka, serta setia dalam suka maupun duka.

Anda dan pasangan juga perlu menemukan minat, tujuan dan prioritas bersama yang bikin hubungan makin awet. (Klikdokter/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.