Selasa, 26 Januari 21

Manfaat Mandi Air Hangat Bagi Tubuh

Manfaat Mandi Air Hangat Bagi Tubuh
* Mandi air hangat. (Foto: Titiknol)

Manfaat air hangat tidak hanya bisa dirasakan jika diminum secara langsung, bahkan dengan memakainya saat mandi pun bisa memberikan khasiat bagi tubuh. Berikut ini beragam manfaat mandi air hangat yang tak boleh Anda lewatkan:

1. Meringankan rasa sakit
Suhu hangat dari air mampu menenangkan otot tubuh karena sirkulasi darah jadi meningkat. Selain diminum, Anda juga bisa menggunakan air panas yang disimpan dalam wadah tertentu sebagai kompres untuk meredakan kram atau otot kejang.

Bagi para wanita yang kerap menderita kram perut saat haid, maka jangan ragu meredakan rasa sakitnya melalui kompres air hangat.

2. Membunuh kuman penyakit
Mandi dengan air hangat bisa membantu membunuh kuman penyakit yang menempel di tubuh. Selain itu, air hangat juga dapat membantu menjaga kebersihan organ intim, lho!

3. Mencegah insomnia
Anda yang kerap mengalami insomnia perlu membuktikan khasiat mandi dengan air hangat. Kebiasaan ini diam-diam bisa membantu merilekskan otot-otot tubuh yang tegang, memperbaiki mood, dan membuat Anda lebih cepat terlelap.

4. Meredakan stres
Berkenaan dengan manfaat air hangat sebelumnya, mandi air hangat tak hanya menenangkan otot kaku, namun juga menghilangkan stres sehingga membuat tidur lebih nyenyak.

5. Menurunkan kadar gula dalam darah
Beberapa hasil studi menunjukkan bahwa manfaat mandi air hangat mampu menurunkan kadar gula dalam darah sehingga ideal bagi para penderita diabetes. Anda dapat berendam dalam air panas selama 20-30 menit sebanyak 3 kali seminggu agar gula darah menurun hingga 13%.

6. Melancarkan peredaran darah
Merendam tubuh dalam air hangat sebenarnya merupakan salah satu jenis olahraga yang diperlukan pembuluh darah. Hal ini dikarenakan air mampu memberikan tekanan secara fisik pada tubuh.

7. Menurunkan tekanan darah
Sebuah studi menunjukkan bahwa manfaat mandi air hangat bisa menurunkan tekanan darah karena detak jantung jadi lebih cepat. Meski demikian, bagi Anda yang bermasalah dengan jantung, tak ada salahnya berkonsultasi lebih dulu ke dokter untuk masalah ini.

8. Meredakan sakit kepala
Kebanyakan sakit kepala disebabkan karena menyempitnya pembuluh darah di area tersebut. Oleh sebab itu, agar peredaran darah lebih lancar, maka cobalah mandi dengan air hangat.

Sensasi hangatnya mampu merilekskan otot-otot kepala yang tegang, sehingga aliran darah jadi lebih lancar. Alhasil, sakit kepala tak kan bertahan lama dan Anda pun akan merasa lebih baik.

9. Melembabkan kulit
Manfaat air hangat yang terakhir adalah mampu mengunci kelembaban kulit sehingga bertahan lebih lama. Namun, jangan terlalu lama mandi air hangat karena justru bisa membuat kulit Anda jadi kering. (honestdocs/red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.