Senin, 17 Januari 22

Manfaat Kacang Tanah untuk Penderita Diabetes

Manfaat Kacang Tanah untuk Penderita Diabetes
* kacang tanah. (freepik.com)

Tak diragukan lagi, kacang tanah merupakan salah satu bahan makanan terbaik untuk penderita diabetes. Selain lezat dan serbaguna, kacang tanah mengandung zat gizi yang membantu penderita diabetes dalam mengontrol gula darah dan gejalanya.

Apa saja manfaat yang ditawarkan bahan pangan ini dan bagaimana aturan makan yang disarankan? Konsumsi kacang tanah bisa membantu Anda mengendalikan penyakit diabetes melalui cara sebagai berikut:

1. Membantu mengontrol gula darah
Kacang tanah mempunyai indeks glikemik (IG) rendah sebesar 13. Nilai IG menentukan seberapa cepat suatu makanan menyebabkan kenaikan gula darah. Dengan IG yang rendah, kacang tanah tidak akan membuat gula darah Anda naik dengan cepat.

Menurut sebuah studi dalam British Journal of Nutrition, konsumsi selai kacang tanah untuk sarapan bahkan membantu mengontrol gula darah sepanjang hari. Jika dimakan dengan makanan ber-IG rendah lainnya, kacang tanah pun bisa menstabilkan insulin.

2. Membantu mengontrol berat badan
Gula darah yang tinggi bisa memicu pembentukan asam lemak. Ditambah insulin yang melonjak, tubuh diabetesi akan menyimpan lebih banyak jaringan lemak. Hal ini dapat menyebabkan obesitas yang akhirnya semakin memperparah penyakit diabetes.

Untungnya, kacang tanah ternyata punya manfaat untuk penderita diabetes yang harus mengontrol berat badan. Kacang memberikan rasa kenyang yang bertahan lama dan mencegah keinginan untuk makan berlebihan sehingga berat badan Anda tetap stabil.

3. Melindungi jantung dari penyakit
Diabetesi lebih berisiko mengalami penyakit kardiovaskular seperti stroke dan penyakit jantung. Kabar baiknya, studi menunjukkan bahwa makan kacang 2 – 3 kali seminggu bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular sebesar 13 – 15 persen.

Ini karena omega-3 pada kacang tanah membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Selain itu, omega-3 juga dapat mencegah penggumpalan darah dan perubahan irama jantung menjadi tidak teratur.

 

Risiko tertentu konsumsi kacang tanah 
Kacang tanah memang memberikan manfaat untuk penderita diabetes. Meski demikian, pengolahan kacang tanah yang tidak tepat dan konsumsi yang berlebihan pun bisa menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan.

Berikut beberapa risiko kesehatan dari konsumsi kacang tanah yang perlu diabetesi ketahui.

1. Bisa memicu alergi
Kacang tanah dapat memicu reaksi alergi. Pada beberapa orang, alergi kacang bisa sangat parah sehingga membahayakan nyawa. Untuk menghindari risiko alergi parah, jangan langsung mengonsumsi kacang tanah dalam jumlah banyak.

2. Tinggi kalori
Kebiasaan makan kacang tanah memang punya manfaat untuk mengontrol berat badan penderita diabetes. Akan tetapi, bahan makanan ini juga tinggi kalori. Agar berat badan Anda tetap terkontrol, coba padukan kacang tanah dengan makanan rendah kalori.

3. Beberapa produk kacang tanah tinggi garam dan gula
Kacang tanah dalam kemasan biasanya mengandung garam dan gula tambahan, dua “musuh” utama yang perlu dihindari penderita diabetes. Sebisa mungkin, pilihlah produk alami yang minim bahan tambahan untuk menjaga kestabilan gula darah Anda.

4. Kandungan omega 6-nya tinggi
Kandungan omega-6 kacang tanah lebih tinggi dari jenis kacang-kacangan yang lain. Asupan omega-6 yang tidak diimbangi omega-3 berpotensi meningkatkan peradangan dalam tubuh. Jadi, jangan lupa warnai menu harian Anda dengan sumber omega-3.

Aturan makan kacang tanah untuk penderita diabetes
Penderita diabetes disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan IG rendah dan mengandung serat untuk menghambat lonjakan gula darah. Nah, salah satu bahan makanan yang memenuhi kriteria tersebut tak lain ialah kacang tanah.

American Diabetes Association menganjurkan penderita diabetes untuk mengonsumsi 25 gram kacang tanah setiap hari. Jumlah ini kira-kira setara dengan dua setengah sendok makan kacang tanah mentah yang telah dikupas.

Penderita diabetes juga bisa meraup manfaat kacang tanah dengan mengonsumsi selai kacang pada pagi hari. Namun, pastikan Anda memilih selai kacang alami tanpa garam, minyak, atau gula tambahan. Bila perlu, buatlah sendiri selai kacang Anda.

Untuk mendapatkan lebih banyak manfaat, coba olah kacang tanah atau selai kacang bersama bahan makanan yang tak kalah menyehatkan. Padukan dengan sayuran, sumber protein, ataupun bahan-bahan lain yang membantu menjaga gula darah Anda. (Hellosehat/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.