Selasa, 7 Desember 21

Manfaat Air Mawar untuk Kecantikan Wajah

Manfaat Air Mawar untuk Kecantikan Wajah
* Ilustrasi air mawar untuk kecantikan wajah. (Shutterstock)

Air mawar menjadi salah satu bahan yang sering kita temukan dalam produk perawatan wajah. Kandungan di dalamnya memiliki segudang manfaat untuk kulit.

Kandungan air mawar mulai dari vitamin A dan vitamin E, yang memang sangat bagus untuk wajah. Apalagi air mawar punya sifat anti-inflamasi dan antioksidan.

Air mawar juga bisa melembapkan hingga membuat kulit bersinar alami. Berikut ini sejumlah manfaat air mawar untuk kecantikan kulit:

Beragam Manfaat Air Mawar
Menyeimbangkan Minyak Alami Kulit
Air mawar diketahui memiliki kemampuan untuk menyeimbangkan minyak alami pada kulit wajah. Artinya, kamu bisa mengontrol produksi minyak di wajah saat menggunakannya secara rutin.

Mengurangi Kemerahan
Saat timbul kemerahan pada wajah secara tiba-tiba, air mawar dapat menjadi solusimu. Air mawar dapat membantu kamu menenangkan kulit sekaligus melembapkannya, yang sangat bagus untuk kulit yang kemerahan.

Melembapkan
Kunci dari kulit yang tampak muda, sehat, dan bersinar adalah kulit yang lembap. Kamu bisa mendapatkan kulit yang lembap dari air mawar yang memiliki sifat untuk melembapkan kulit.

Menutrisi Kulit
Kandungan antioksidan yang terdapat dalam air mawar mampu memberikan nutrisi yang dibutuhkan kulit wajah.

Mencerahkan Kulit
Kandungan vitamin A dan E yang ada dalam air mawar, bekerja untuk melakukan eksfolisi secara lembut ke kulit. Karenanya, air mawar dapat membuat tampilan wajah lebih fresh dan cerah.

Manfaat Air Mawar Lengkap
Air mawar merupakan salah satu solusi alami yang efektif untuk menjaga kesehatan kulit dan merawat kecantikan. Mulai dari masalah wajah, bibir, hingga rambut.

Air mawar telah digunakan selama ribuan tahun sebagai salah satu ramuan tradisional produk kecantikan dengan cara penyulingan dari kelopaknya.

Manfaat air mawar dapat digunakan untuk segala jenis kulit. Selain itu, air mawar juga bisa dicampurkan dengan bahan lain, demi mendapatkan hasil yang maksimal.

Air mawar mengandung zat antioksidan yang bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat terpapar sinar ultraviolet, radiasi, dan polusi udara.

Air mawar juga mengandung vitamin C dan E yang baik untuk kulit wajah dan dapat membantu melawan proses penuaan dini. Selain itu, air mawar mengandung zat antiperadangan yang dapat mengatasi iritasi pada kulit.

Berikur ini manfaat air mawar lebih lengkap.

Manfaat Air Mawar Untuk Kesehatan dan Kecantikan
1. Mengobati infeksi
Air mawar memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang dapat membantu menyembuhkan luka dengan cepat. Kandungan ini juga membantu mengobati infeksi dan membantu penyembuhan luka bakar.

Itulah mengapa tidak heran apabila air mawar mampu menyembuhkan luka, luka bakar, bahkan bekas luka agar sembuh lebih cepat.

2. Meredakan stres
Manfaat air mawar juga baik untuk meredakan stres. Karena wangi yang tercium dapat menciptakan efek antidepresan dan anticemas untuk menenangkan sistem saraf.

Kandungan itulah yang mampu menenangkan dan membuat tubuh menjadi lebih rileks.

3. Meredakan sakit kepala
Air mawar dan minyak esensial yang dihasilkan dari ekstrak bunga mawar dapat digunakan sebagai aromaterapi untuk meredakan sakit kepala.

Caranya pun sederhana, cukup dengan mengompres kepala dengan kain yang sudah direndam dalam air mawar selama 45 menit atau cukup hirup aroma dari uap air mawar.

4. Mengobati masalah pencernaan
Air mawar mampu mengobati masalah pencernaan karena air mawar dapat meningkatkan sekresi empedu.

5. Menyembukan jerawat
Air mawar mengandung antiseptik dan antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bakteri.

Air mawar membantu mengendalikan kelebihan minyak dan menjaga keseimbangan pH. Membantu menyembuhkan jerawat dan bekasnya.

Untuk merasakan manfaat tersebut, gunakan air mawar sebagai toner pada pagi dan malam hari. Gunakan secara teratur untuk mendapatkan hasil maksimal.

6. Menghidrasi kulit
Air mawar dapat digunakan sebagai bahan alami untuk membuat kulit lebih lembab. Karena air mawar memiliki kandungan yang dapat menghidrasi kulit. Efek yang dihasilkan pun dapat menyegarkan kulit.

7. Membantu mengatasi iritasi kulit
Air mawar memiliki sifat yang dingin, sehingga dapat membantu kita mengatasi berbagai macam penyakit kulit seperti gatal-gatal dan iritasi.

Air mawar diketahui memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu mengurangi radang dan kemerahan pada kulit akibat iritasi, jerawat, dan masalah kulit lainnya.

8. Mengurangi kemerahan pada kulit
Manfaat air mawar juga bisa diterapkan pada kulit yang memerah. Karena adanya sifat anti-inflamasi dalam air mawar yang dapat mengurangi kemerahan dan bengkak pada kulit.

Caranya cukup mudah yaitu dengan menuangkan air mawar pada kapas dan tempelkan kapas basah tersebut pada area yang memerah selama beberapa menit.

9. Mencegah penuaan
Mengaplikasikan air mawar di sekitar mata akan membantu menghilangkan garis-garis halus, lingkaran hitam dan tanda penuaan lainnya.

Selain itu, efek antioksidan pada air mawar ini juga diduga mampu menangkal radikal bebas dan menghambat kerusakan kulit. Hal ini berkat kandungan antioksidan dan zat pelembap dalam air mawar.

10. Mencerahkan Kulit
Air mawar memiliki kandungan vitamin E dan A yang berfungsi sebagai pembantu proses eksfoliasi kulit.

Kulit-kulit mati akan mengelupas dengan sendirinya tanpa memberikan efek perih pada wajah.

Sifat antioksidan pada air mawar juga membantu memperkuat sel-sel kulit dan meregenarasi jaringan kulit. Sehingga kulit terlihat lebih cerah dan tidak kusam.

11. Mengatasi mata lelah
Air mawar mengandung flavonoid, anthocyanin dan terpen. Selain itu, mawar kaya senyawa fenolik yang mampu berperan sebagai antioksidan dan menangkal radikal bebas yang sangat bermanfaat untuk menenangkan mata yang lelah.

Nutrisi dalam minyak dan air mawar dapat memberikan hidrasi yang cukup pada bagian kulit paling sensitif tersebut.

Caranya cukup kompres bagian bawah mata dengan air mawar atau oleskan minyak esensial bunga mawar ke bagian bawah mata yang kering.

12. Menjaga kesehatan rambut
Manfaat air mawar terbukti dapat mengobati radang kulit kepala dan mengatasi beragam permasalahan rambut.

Selain itu, air mawar juga dapat dijadikan kondisioner alami untuk membantu menyehatkan kulit kepala dan sebagai nutrisi untuk rambut.

Berikut adalah macam-macam khasiat air mawar untuk rambut:

  • Menghilangkan ketombe
  • Melembutkan rambut
  • Mengatasi rambut rontok
  • Menghilangkan rasa gatal pada kulit kepala
  • Mempercepat pertumbuhan rambut
  • Membuat rambut lebih berkilau

13. Menjaga kesehatan bibir
Air mawar juga dapat memberikan manfaat untuk bibir. Sifat antioksidan dan kandungan vitamin C pada air mawar dapat memperlambat proses kusam pada bibir.

Selain itu, vitamin E yang terkandung dalam air mawar dapat mengembalikan kelembaban bibir. Vitamin E juga berfungsi sebagai pelindung dari sinar matahari.

Ada beberapa manfaat yang didapatkan dari pengaplikasian air mawar pada bibir, diantaranya:

  • Mencerahkan bibir
  • Melembabkan bibir
  • Memerahkan bibir

 

Memerahkan bibirCara penggunaanya pun cukup mudah. Kita hanya perlu mengusapkan air mawar sebelum tidur kemudian diamkan selama 5 menit. Setelah itu basuh dengan menggunakan air bersih. Gunakan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal. (Dream/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.