Rabu, 27 Oktober 21

Mandeh Diusulkan Masuk Kawasan Ekonomi Khusus

Mandeh Diusulkan Masuk Kawasan Ekonomi Khusus
* Rapat percepatan pengembangan pariwisata Sumbar dengan bupati/walikota se Sumbar di Kantor Gubernur Sumbar, Kamis (10/3/2016)

Padang, Obsessionnews – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) menetapkan tiga kawasan di wilayah Sumbar masuk dalam pengembangan Kawasan Ekenomi Khusus (KEK). Tiga kawasan masing-masing di Kabupaten Dharmasraya, Sinjunjung, dan Pesisir Selatan.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengatakan, satu dari tiga kawasan yang ditetapkan dalam KEK adalah kawasan Wisata Bahari Mandeh. Sementara dua daerah lagi masih menunggu kawasan karena masih ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

“Tahun ini akan kita upayakan tiga kawasan di daerah itu masuk dalam KEK,” kata Nasrul Abit usai rapat percepatan pengembangan pariwisata Sumbar dengan bupati/walikota se Sumbar di Kantor Gubernur Sumbar, Kamis (10/3/2016).

Mandeh-2

Nasrul Abit berharap dalam tahun ini, tiga kawasan di tiga daerah itu dapat terwujud dalam pengembangan KEK, mengingat sejak tahun 2009 tidak ada daerah di Sumbar yang masuk dalam KEK.

“Apabila tidak bisa tiga daerah, kita akan mengupayakan satu daerah masuk ke KEK, yakni untuk Kawasan Mandeh di Pesisir Selatan. Saya sudah minta kepada Pemda Pesisir Selatan untuk segera menyediakan lahan 400-500 ha, target yang saya berikan akhir Maret ini. Jadi segeralah untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat, seperti untuk tanah,” sebut Nasrul Abit.

Lokasi yang bisa dikembangkan sebagai KEK di kawasan Mandeh berada di Bukik Ameh masih tersedia sekitar 400-500 ha.

Persyaratan layak untuk masuk KEK, ketersediaan lahan 400-500 haktare. Lahan itu sudah menjadi milik pemerintah daerah dan bukan milik ulayat masyarakat. Kemudian bebas dari pemukiman penduduk, memiliki lokasi yang strategis, potensial untuk dijadikan lokasi wisata, serta harus ada rencana yang jelas. (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.