Selasa, 30 November 21

Mampukah ‘Galih dan Ratna ‘ Sukses Seperti ‘Gita Cinta dari SMA?’

Mampukah ‘Galih dan Ratna ‘ Sukses Seperti ‘Gita Cinta dari SMA?’
* Pemeran utama film ‘Galih dan Ratna’, yakni Sheryl Sheinafia (kiri) dan Refal Hady (kanan) bersama pemeran Galih dan Ratna dalam film ‘Gita Cinta dari SMA’, yaitu Yessy Gusman dan Rano Karno.

Jakarta, Obsessionnews – Masa SMA masa bercinta. Masa SMA masa yang indah dan sekaligus menyakitkan. Itulah gambaran film Gita Cinta dari SMA yang dibintangi Rano Karno dan Yessy Gusman pada 37 tahun silam.

Dalam film tersebut Rano memerankan Galih, siswa yang berotak cemerlang dan berasal dari keluarga sederhana. Selain itu Galih cukup populer sebagai penyanyi pop. Ketenaran Galih tersebut membuat seorang siswi di sekolah yang sama, Ratna, yang diperankan Yessy Gusman tertarik padanya.

Singkat kata Galih dan Ratna saling mencintai. Namun, sayang, orang tua Ratna tak menyukai Galih. Pasalnya, Ratna telah mempunyai calon suami pilihan orang tuanya. Fakta ini membuat Galih gigit jari.

Kisah cinta Galih dan Ratna itu akan kembali diangkat ke layar lebar dengan judul Galih dan Ratna. Kali ini Galih diperankan oleh Refal Hady yang berprofesi sebagai model dan presenter, dan Ratna diperankan oleh Sheryl Sheinafia yang berprofesi sebagai penyanyi. Syuting film ini akan dimulai pada Minggu (12/6/2016).

Rano dan Yessy telah bertemu dengan Refal dan Sheryl. Dalam foto yang diunggah di akun Twitter resmi film tersebut, mereka berfoto bersama. Refal mengarahkan kamera telepon genggamnya ke mereka berempat, sementara Rano, Yessi, serta Sheryl saling mendekatkan kepala dan tersenyum.

#GalihdanRatna dulu dan sekarang. Senang melihat Refal & Sheryl bisa ngumpul bareng dengan Rano Karno & Yessy Gusman,” tulis akun Twitter @filmgalihratna, Sabtu (4/6).

Belum ada penjelasan apakah film Galih dan Ratna akan mengambil alur cerita yang sama atau tidak.

Kembali ke Gita Cinta dari SMA yang diproduksi pada tahun 1979. Film ini diangkat dari novel karya Eddy D. Iskandar. Semula dimuat sebagai cerita bersambung di majalah Gadis, kemudian dijadikan novel dengan judul yang sama dan menjadi best seller.

Novel Gita Cinta dari SMA menarik perhatian produser film untuk mengangkatnya ke layar perak. Semula produser ingin Roy Marten yang memerankan Galih dan Yatty Octavia memerankan Ratna. Pada saat itu Roy Marten dan Yatty Octavia merupakan pemain film paling top di Indonesia.

Namun sang pemilik hak cipta cerita, Eddy D. Iskandar, keberatan. Novelis ini beralasan Roy Marten dan Yatty Octavia terlalu tua untuk memerankan siswa SMA. Ia mengusulkan Rano Karno yang memerankan Galih dan Yessy Gusman yang memerankan Ratna. Alasannya Rano dan Yessy pas memerankan kedua tokoh itu karena masih muda.

Tidak mudah meyakinkan sang produser. Di mata sang produser secara hitung-hitungan bisnis Roy Marten dan Yatty punya nilai jual yang tinggi karena tengah ngetop. Sang produser Roy dan Yatty akan mampu menyedot penonton sebanyak-banyaknya.

Sebaliknya, menurut sang produser, jika diperankan Rano dan Yessy film ini akan jeblok. Pasalnya, Rano dan Yessy saat itu tidak populer. Rano dan Yessy pernah populer sebagai bintang cilik. Tetapi, setelah remaja mereka tidak pernah lagi bermain film.

Eddy tak mau menyerah begitu saja. Ia tetap ngotot menginginkan Rano dan Yessy dengan argumentasi film ini akan ‘meledak’.

Akhirnya sang produser mengalah. Menuruti kemauan sang novelis dan sekaligus penulis skenario film itu.

Perhitungan Eddy tidak meleset. Gita Cinta dari SMA meraih kesuksesan luar biasa dan paling populer di Indonesia pada tahun 1979.

Mampukah Galih dan Ratna meraih kesuksesan seperti Gita Cinta dari SMA? (arh)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.